PENGARUH KOMPETENSI KEDISIPLINAN DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALASEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SD RADEN PATAH SURABAYA
Abstract
This study aims to examine and analyze how Competence, Discipline and Transformational Leadership affect the Teacher Performance of SD Raden Patah, Surabaya. The number of samples taken was 32 teacher respondents at SD Raden Patah, Surabaya. Data collection techniques by distributing questionnaires. The analysis used is the validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression analysis and the coefficient of determination. The results of this study indicate that: (1) Competence has a positive and significant effect on the Teacher Performance of SD Raden Patah, Surabaya. (2) Discipline has a positive and significant effect on Teacher Performance at SD Raden Patah, Surabaya. (3) Transformational leadership has a positive and significant effect on teacher performance at SD Raden Patah, Surabaya. (4) Competence, Discipline and Transformational Leadership simultaneously have a positive and significant effect on the Teacher Performance of SD Raden Patah, Surabaya.
References
Bimbingan dan Pelatihan Daring di SD Negeri 040 Salulemo Kabupaten
Luwu Utara. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(2), 83-94.
Agustina, F., & Sari, D. P. P. (2020, October). Pengaruh kecanggihan teknologi
informasi, partisipasi manajemen, pengetahuan manajer, pelatihan dan
pengalaman kerja terhadap efektifitas sistem informasi akuntansi.
In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 35-48).
Ani, N. I., & Lazulva, L. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan
Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Natural
Science and Integration, 3(1), 87-105.
Aprilinda, D., & Budiman, A. P. (2021). Konsep kepemimpinan
transformasional. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(7), 840-846.
Azhar, P. C. (2019). Hubungan kesejahteraan psikologis dengan kompetensi guru
di yayasan haji maksum abidin shaleh stabat. Jurnal Sintaksis, 1(1), 6-6.
Bumay, A. F., Sudjarwo, S., Nurwahidin, M., & Rahman, B. (2022).
Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Guru (Kajian dari Aspek
Ontologi). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(4), 1441-1450.
Desiyanti, S., Sudrajat, A., & Sapriati, A. (2022). Pengaruh Kepemimpinan
Transformasional dan Supervisi Klinis Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar
Negeri Gugus 21 Kecamatan Ciputat Timur. Jurnal Sinestesia, 12(1), 274-
280.
Devinta, S., & Santosa, A. B. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional dan
Disiplin terhadap Kinerja Guru dengan Gaya Kepemimpinan
Transformasional sebagai Moderasi. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan
Bisnis, 15(2), 294-303.
ko, E. P., Notosudjono, D., & Tukiran, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan
Transformassional dan Efikasi Diri terhadap Keinovatifan Guru di Provinsi
Banten. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 432-444.
Fransiska, W., Harapan, E., & Tahrun, T. (2020). Pengaruh Kepemimpinan
Visioner Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah
Dasar. Journal of Education Research, 1(3), 308-316.
Hermawati, W., Fawaiz, R., & Nurjanah, L. (2021). Pengaruh Kepemimpinan
Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Smp Negeri 2
Susukan Lebak. Jurnal Ekonomi Manajemen, 16(1), 1-6.
Hindrayati, S. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Disiplin Kerja,
dan Kompetensi terhadap Kinerja. (Studi Pada Guru PNS SMP Negeri 1
Alian) (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).
Kaiman, K., Arafat, Y., & Mulyadi, M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala
Sekolah dan Pengawasan Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal
of Education Research, 1(3), 283-289.
Kurniawan, H. (2021). Pengantar praktis penyusunan instrumen penelitian.
Deepublish.
Kurniawan, P., & Rahman, A. S. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah,
Kompetensi, dan Disiplin terhadap Kinerja Guru pada SMA Imtek
Pagedangan Tangerang.
Kurniawati, N. R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala
Madrasah, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru
Madrasah Aliyah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 583-595.
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode penelitian
kuantitatif. Deepublish.
Ul’fah Hernaeny, M. P. (2021). Populasi Dan
Sampel. Pengantar Statistika, 1, 33.
Lesmana, H. (2021). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian
Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Di Kelurahan
Pasarbatang. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JASIKA), 1(1), 29-37.
Lian, B., Kristiawan, M., & Fitriya, R. (2018). Giving Creativity Room to Students
Through the Friendly School’s Program. International Journal of Scientific &
Technology Research Volume 7, Issue 7.
Mukhadasin, M., & Kuswandi, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan
Kinerja Guru: Kasus di SDIT Cahaya Sunnah Cileungsi Bogor. Sukma:
Jurnal Pendidikan, 4(1), 73-88.
Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional
and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social
Work and Science Education, 1(1), 58-69.
Nurfadilah, I., & Farihah, U. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja
Terhadap Kinerja Guru Madrasah. JIEMAN: Journal of Islamic Educational
Management, 3(1), 105-128.
Permana, A. I., & Eliza, D. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja
Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 6(3), 5226-5236.
Pranitasari, D., & Khotimah, K. (2021). Analisis Disiplin Kerja Karyawan pada PT. Bont Technologies Nusantara. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 18(01), 22-
38.
Purwanto, A., Sopa, A., Primahendra, R., Kusumaningsih, S. W., & Pramono, R.
(2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transactional, Transformational,
Authentic Dan Authoritarian Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah
Di Kudus. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 70-80.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Rayyan, A., & Paryanti, A. B. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Toko Buku Gramedia Matraman Jakarta. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 2(1), 9-19.
Salamah, U., & Safiq, A. (2019). Relevansi Pemikiran Mahmud Yunus dalam Kitab
At-Tarbiyah Wa At-Talim dengan Kompetensi Guru (Undang-Undang
Nomor 14 Tahun 2005). Al-Mudarris: Journal of Education, 2(2), 224-
243.
Salim, M. Z., & Umar, A. B. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan
Dan Pengawasan Kinerja Guru Bimbingan Konseling Smai AsSyafi’iyah. PeTeKa, 5(2), 119-126.
Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Kinerja Guru. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75-
84.
Suherman, A. (2021). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Disiplin Kerja terhadap
Kinerja Guru pada Lazuardi Global Islamic School. Journal of Management
and Business Review, 18(3), 614-629.
Susanti, E., Ahyani, N., & Missriani, M. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja dan
Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Terhadap Kinerja
Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1440-1448.
Susanto, Y., Riwukore, J. R., Afrianti, I., & Habaora, F. (2021). Pengaruh
kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri 4 Kota
Lubuklinggau Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan, 30(2), 143-152.
Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. ALFathonah, 1(1), 342-351.
Ulfie, R. F. Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru (Studi
Kasus Pada Mi Madrasah Pembangunan Uin Jakarta) (Bachelor's thesis,
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Jakarta).
Wahyu, B. C. T., & Luterlean, B. S. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru Dan
Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smk Negeri 14 Medan. Jurnal
Education and Development, 9(1), 477-477.
Yanti, F. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah
terhadap Kompetensi Guru. Kelola: Journal of Islamic Education
Management, 6(1), 9-24.
Yunus, A. A. S. P., Hidayat, M. T., Djazilan, M. S., & Akhwani, A. (2021).
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3625-3635.