PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE DENGAN MODERASI CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN KOSMETIK YANG TERDAFTAR DI BEI

  • Dinda Bistari Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Endah Supeni Universitas Wijaya Putra Surabaya
Keywords: Profitability, leverage, Corporate social responsibility, and company value

Abstract

This purpose of this research to examine the effect of profitability and leverage with CSR moderation on company value cosmetics listed on the BEI from 2018-2022. This research is a quantitative study. The population of this study are all cosmetic companies that have published financial reports on the BEI from 2018- 2022. In this study has used a purposive sampling method, so that 30 samples were obtained in this study. The method used in this study is multiple linear regression analysis method with Moderated Regression Analysis (MRA). Multiple regression result with a significant level of 0.05 : (1) Profitability has a effect on firm value. (2) Leverage has a effect on firm value. (3) CSR as a moderating and strengthen the effect of profitability on firm value. (4) CSR as a moderating and weakens the relationship between leverage on firm value.

References

Bailey, F. . (1989). Intermediate financial management. In The British Accounting Review (Vol. 21, Issue 3). https://doi.org/10.1016/0890-8389(89)90100-5
Chung, K. H., & Pruitt, S. W. (1994). Chung and Prutt A Simple Approximation of Tobin’s q 1994.pdf. In Financial Management (Vol. 23, Issue 3, pp. 70–74).
Gregory, A., & Whittaker, J. (2012). Corporate Social Responsibility and Company Value. 7(April), 0–58.
Itsnaini, H. M., & Subardjo, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Solvabilitas Terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(6), 1–16.
Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kusumawardani, W., & Lovita, E. (2020). Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas Dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Jasa Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi yang Terdaftar di BEI periode 2016-2019). 1–19.
Lestari, E. S., Rinofah, R., & Maulida, A. (2022). Pengaruh profitabilitas, leverage, kepemilikan
manajerial terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan csr sebagai variabel moderating. Forum Ekonomi, 24(1), 30–44. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i1.10390
Mahrinasari. (2019). Model Corporate Social. In Myria Publisher.
Maulinda, W., & Hermi. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corprate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 1923–1932. https://doi.org/10.25105/jet.v2i2.14885
Mipo, M. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Moderating Variable Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Owner, 6(1), 736–745. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.614
Munzir, M., Andriyan, Y., & Hidayat, R. (2023). Consumer Goods: Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dimediasi oleh Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi Dan Governance, 3(2), 153. https://doi.org/10.24853/jago.3.2.153-165
Nadhilah, F., Widjaja, H. S., & Kaban, R. F. (2022). Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Gorontalo Accounting Journal, 5(2), 174.
https://doi.org/10.32662/gaj.v5i2.2165
Putra, B. A. I., & Sunarto, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 149. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.195
Rahmantari, N. L. L. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Ganec Swara, 15(1), 813.https://doi.org/10.35327/gara.v15i1.179
Responsibility, C. S. (2003). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Masyarakat. 7(Cd).
Safitri, Y., Abrar, & Budi, E. S. (2018). Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Journal Of Accounting Universitas Pandanaran Semarang, 1(4), 1–18.
Tanalo, V. S. (2021). Pengaruh Profitabilitas,Leverage, Dan Struktur Modal Pada Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi ( Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019 ). Skripsi Ekonomi Dan Bisnis.
Wulandari, N. M. I., & Wiksuana, I. G. B. (2017). Peranan CSR dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1278–1311.
Published
2023-11-13
How to Cite
Bistari, D., & Supeni, E. (2023). PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE DENGAN MODERASI CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN KOSMETIK YANG TERDAFTAR DI BEI. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Sosial, 1(3), 34-44. Retrieved from http://jurnal.uwp.ac.id/FEB/index.php/jebs/article/view/307