ANALISIS PENGARUH PENGENAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI DAN DAYA BELI KONSUMEN TERHADAP PENJUALAN BARANG ELEKTRONIK

Studi Kasus Pada Konsumen Barang Elektronik di Hartono Surabaya

  • Heru Tjahjono Universitas Wijaya Putra
  • Achmad Nurifiansyah Universitas Wijaya Putra
  • Endah Supeni P Universitas Wijaya Putra
Keywords: Pajak Pertambahan Nilai, Daya Beli Konsumen, Penjualan Barang elektronik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengenaan pajak pertambahan nilai dan daya beli konsumen terhadap penjualan barang elektronik. Populasi dalam penelitian ini adalah 80 konsumen di Hartono Surabaya dengan penentuan sampel menggunakan simple random sampling dan sampling incidental. Penelitian ini menggunakan angket atau kuisoner sebagai instrument penelitian dan hasil data diolah berdasarkan perhitungan statistik dengan program SPSS dan menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan persamaan Y=17,137+0,364X1+0,158X2+4,617 menunjukkan pajak pertambahan nilai dan daya beli konsumen berpengaruh simultan terhadap penjualan barang elektronik. Uji analisis statistik secara parsial atau individu, pajak pertambahan nilai berpengaruh signifikan terhadap penjualan barang elektronik, sedangkan daya beli konsumen tidak berpengaruh secara parsial atau individu terhadap tingkat penjualan barang elektronik

Published
2022-10-11