PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY DISCLOSURE (Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)

  • jurnal akuntansi
  • Alfia Hafidatul Aulia
  • Antoni ‎

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Profitabilitas (X1), Leverage (X2) dan
Pertumbuhan Perusahaan (X3) terhadap Corporate Social Responbility Disclosure (Y). Jenis
penelitian ini menggunakan penelitian kausalitas atau hubungan sebab-akibat. Penarikan
sampel dilakukan melalui purposive sampling dan diperoleh sebanyak 11 perusahaan jadi
total sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 33 sampel. Peneliti menggunakan
data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan melalui website
resmi (www.idx.co.id).Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 20. Analisis data
menggunakan regresi linier berganda. Persamaan regresi linier berganda dalam penelitian
ini adalah Y = 0,031 + 0,340 X1 + 0,178 X2 + 0,713 X3 + e. Bedasarkan hasil analisis data
diketahui bahwa Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap CSR Disclosure,
Leverage tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap CSR Disclosure, Pertumbuhan
Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap CSR Disclosure.
Kata Kunci : Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan, Corporate Social Responbility
Disclosure

Published
2020-01-23