PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KONSULTASI DAN PENGAWASAN OLEH ACCOUNT REPRESENTATIVE TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK

Studi Kasus Pada Wajib Pajak Yang Tercatat Di Kantor Pelayanan Pajak Surabaya Sukomanunggal

  • Fransiska Daiman Universitas Wijaya Putra
  • Heru Tjahjono Universitas Wijaya Putra
Keywords: Kualitas Pelayanan, Konsultasi, Pengawasan, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, konsultasi dan pengawasan oleh Account Representative terhadap kepatuhan wajib pajak yang tercatat di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Sukomanunggal. Unit analisis dalam penelitian ini adalah wajib pajak baik orang pribadi maupun badan yang tercatat di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Sukomanunggal.Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling incidental.Jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 80 responden.

Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik dengan alat bantu SPSS 21. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji t diketahui bahwa secara persial variabel  Kualitas Pelayanan dan Pengawasan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan variabel konsultasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji F diketahui bahwa secara simultan Kualitas Pelayanan, Konsultasi dan Pengawasan oleh Account Representative  berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak

Published
2021-12-29