PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP SISTEM PELAYANAN ONLINE DALAM PENGURUSAN AKTA KELAHIRAN DI KANTOR KELURAHAN MADE

Vol 2 No 2 (2022): Jurnal Inovasi Sektor Publik

  • MUHAMMAD RAFIF SUDANTO UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
  • NOVITA MAULIDA IKMAL UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
Keywords: Persepsi, Masyarakat, Pelayanan, Online, Akta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Persepsi Masyarakat Terhadap Sistem Pelayanan Online Dalam Pengurusan Akta Kelahiran Di Kantor Kelurahan Made. Persepsi Masyarakat dapat dilihat dari tiga indikator yaitu Penyerapan terhadap rangsang, Pengertian atau pemahaman, dan Penilaian atau evaluasi. Sedangkan Sistem Pelayanan Online meliputi Efisiensi (Efficiency), Pemenuhan kebutuhan (Fulfillment), Ketersediaan sistem (System Availability), dan Privasi (Privacy). Dalam hal ini peneliti mengambil Responden total sebanyak 42 orang, terdiri dari seluruh masyarakat yang masuk dalam ruang lingkup kelurahan made. Metode penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif, dengan pengambilan data menggunakan kuisioner dan observasi, teknik analisis data yang digunakan antara lain, yaitu Uji Validitas. Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Regresi Linier Sederhana, Uji Koefisiensi Determinansi Regresi, dan Pengujian Hipotesis. Hasil dari Uji Validitas Persepsi Masyarakat terdapat 9 pertanyaan dan Sistem Pelayanan Online terdapat 10 pertanyaan. Dari masing-masing pertanyaan semuanya valid dan tidak ada yang valid. Berdasarkan analisis kuantitatif dilakukan perhitungan dengan analisis parsial diperoleh Koefisien (r) sebesar 0,001. Dan hasil uji t hitung = 0,229 dengan nilai signifikan 0,820 > 0.05. karena nilai signifikansi 0,820 > 0,05 maka dapat dikategorikan tidak signifikan. Sehingga menunjukkan hipotesis tidak ada pengaruh Persepsi Masyarakat Terhadap Sistem Pelayanan Online Dalam Pengurusan Akta Kelahiran Di Kantor Kelurahan Made tidak dapat diterima dan tidak signifikan. Dilihat dari indikator yang digunakan oleh peneliti menunjukkan bahwa Persepsi Masyarakat Terhadap Sistem Pelayanan Online Dalam Pengurusan Akta Kelahiran Di Kantor Kelurahan Made belum cukup baik.

Published
2022-11-15