IMPLEMENTASI PEMBINAAN ANAK JALANAN MELALUI RUMAH SINGGAH DI KOTA SURABAYA (STUDI KASUS DI UPTD KAMPUNG ANAK NEGERI)

Vol 2 No 2 (2022): Jurnal Inovasi Sektor Publik

  • SATRIYA PRATAMA UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
  • SUPRAYOGA SUPRAYOGA UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
Keywords: Pembinaan, Anak, Jalanan, Rumah, Singgah

Abstract

Satriya Pratama, Fakultas Administrasi Negara Implementasi Pembinaan Anak Jalanan Melalui Rumah Singgah Di Kota Surabaya (Studi Kasus Di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya). Pembinaan anak jalanan melalui Rumah Singgah dimana Strategi ini disebut juga strategi semi panti yang lebih terbuka dan tidak kaku. Program - program yang dikembangkan dalam rumah singgah juga tidak hanya pada pendidikan formal, namun ada pendidikan lain yang diajarkan seperti keterampilan - keterampilan pendukung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan pada anak jalanan di UPTD Kampung Anak Negeri Kota Surabaya, metode yang digunanakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori dari Charles O Jones. Kampung Anak Negeri anak-anak jalanan di beri pembinaan seperti pembinaan agama, kedisiplinan, minat bakat, kewirausahaan, kemandirian, jasmani, sosial, serta kognitif. Dalam implementasi pembinaan anak jalanan sudah cukup baik dan sesuai dengan Perwali Kota Surabaya Nomor 119 Tahun 2021, tentang pembentukan UPTD Kampung Anak Negeri Wonorejo dan tugasnya dalam memberikan pelayanan kepada anak-anak yang memiliki permasalahan sosial, namun masih memiliki beberapa kendala, yang pertama ialah pada anak jalanan yang masih memiliki sifat malas dalam belajar dan juga kurangnya tenaga pengajar yang memang memiliki pengalaman di bidangnya.

Published
2022-11-15