IMPLEMENTASI PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) STUDI KASUS SMA NEGERI 2 ELAR WUKIR KEC. ELAR SELATAN KAB. MANGGARAI TIMUR
Vol 2 No 3 (2022): Jurnal Inovasi Sektor Publik
Abstract
SMAN 2 elar wukir Kecamatan Elar Selatan Kabupaten Manggarai Timur. Penelitian ini memiliki satu masalah yaitu: Bagaimana Implementasi program kartu Indonesia pintar di sma negeri 2 elar wukir kecamatan elar selatan kabupaten manggarai timur, Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan metode Wawancara, observasi dan dokumentasi. setelah data di kumpulkan, kemudian dianalisis menggunakan kata-kata biasa dan hasil akhir penelitian di simpulkan Sesuai dengan rumusan masalah yang di buat Penelitian menghasilkan beberapa dimensi penelitian yaitu: Professionalism and skill (profesionalisme/kemampuan dan keterampilan) ,Attitudes and behaviour (sikap dan prilaku), Accessibility and flexibility (aksesibilitas/ suatu ukuran dan fleksibilitas/kemampuan, pergerakan) ,Reliability and trustworthines (keandalan dan kepercayaan) ,Recovery (pemulihan atau perbaikan),Reputation and credibility (reputasi dan kredibilitas). Program Kartu Indonesia Pintar dikeluarkan karena rendahnya partisipasi pendidikan khususnya pada kelompok miskin, karena tingginya biaya pendidikan baik langsung maupun tidak langsung. Kebijakan ini berpijak pada Peraturan Presiden (perpres) Nomor 15 Tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan