ANALISIS KINERJA PELAYANAN SEKRETARIAT DPRD TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA DEWAN PROVINSI JATIM

Vol 2 No 3 (2022): Jurnal Inovasi Sektor Publik

  • MARIA SUARLEMBIT UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
  • ESA WAHYU ENDARTI UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
Keywords: AKUNTABILITAS, KUALITAS, PRODUKTIVITAS, RESPONSIVITAS, RESPONSIBILITAS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Kinerja Pelayanan Sekretariat DPRD terhadap Kepuasan Anggota Dewan Provinsi Jawa Timur dalam menjalankan tugas Pokok dan Fungsi pelayanan terhadap Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur. Adapun metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil uji statistic deskriptif yang merupakan penyajian data perbandingan antara kinerja pelayanan dan kepuasan responden diperoleh dengan perincian 35 item dinilai baik, dan  25 dinilai sangat baik. Hasil uji statistik variabel produktivitas X1, responsivitas X2, responsibilitas X3, akuntabilitas X4 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan. Hal ini dilihat dari  nilai t hitung produktivitas X1 sebesar 2,391 dan lebih kecil dari nilai t table sebesar 2,004, X2 3,220 lebih besar disbanding nilai t table 2,201, X3 2,509 lebih besar disbanding nilai t table sebesar 2,201, X4 secara parsial nilai t hitung lebih besar 3,697 dan lebih kecil nilai t table 2,201. Hal ini dalam dilihat dari hasil analisis untuk nilai F hitung sebesar 129,561 lebih besar dari nilai F table sebesar 2,53 dengan nilai probability kurang dari 0,05. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Diduga variabel Produktivitas, Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas, berpengaruh secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur adalah diterima. Terhadap kepuasan anggota Dewan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi.

Published
2023-01-28