KINERJA PEMERITAH DESA DALAM PEMBERIAN PELAYANAN (Studi Kasus di Desa Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik)

Vol 2 No 3 (2022): Jurnal Inovasi Sektor Publik

  • FIRMINUS HEBRIN UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
  • ARINI SULISTYOWATI UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
Keywords: KINERJA, PEMERINTAH, DESA, PELAYANAN, PUBLIK

Abstract

Kinerja pemerintah sangatlah berperan dalam mengatur dan mengarahkan semua kegiatan pemberian layanan publik, dan pada saat ini pelayanan publik seringkali menjadi sorotan dari masyarakat dan dengan adanya kebebasan untuk menyampaikan pendapat banyaknya temukan kritikan terhadap kinerja pemerintah desa, baik secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan kinerja pemerintah desa dalam pemberian pelayanan di Desa Kepatihan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang diperoleh yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan atau verifikasi kesimpulan. Informan penelitian yaitu Kepala Desa Kepatihan, Sekretaris Desa, Kasi Pelayanan, Kasi Pemerintahan dan masyarakat Desa Kepatihan. Hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, maka peneliti dapat disimpulkan bahwa kinerja Pemerintah Desa dalam namun masih dapat penilaian cukup baik pada dimensi kesederhanaan berkaitan dengan alur prosedur pelayanannya tidak sesuai dengan keinginan masyarakat Desa Kepatihan.

Published
2023-01-28