PERAN SEKOLAH PEREMPUAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS SDM PEREMPUAN DI DESA DUNGUS KECAMATAN CERME KAB. GRESIK

Vol 2 No 3 (2022): Jurnal Inovasi Sektor Publik

  • RIFQY AL SYAHADY UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
Keywords: KEPEMIMPINAN, SEKOLAH, PEREMPUAN, PARTISIPASI

Abstract

Peran Sekolah perempuan dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia perempuan. Kegiatan Pembelajaran Sekolah Perempuan Pedesaan yang dikembangkan oleh KPS2K bertujuan untuk mengembangkan Pendidikan Adil Gender untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi perempuan seperti tingginya angka buta aksara perempuan, kurangnya penghasilan permasalahan ekonomi. Selain itu, sekolah ini diharapkan dapat mengatasi persoalan-persoalan yang khas dihadapi perempuan seperti kasus pemaksaan pernikahan anak, poligami, KDRT, beban ganda perempuan, kurangnya keterlibatan perempuan dalam pembuatan kebijakan di Komunitas, adanya konflik horizontal antar warga dan isu-isu kekerasan terhadap perempuan lainnya. Metode yang digunakan di penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data penelitian dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran sekolah dalam peningkatan kualitas SDM perempuan di Desa Dungus dikatakan sudah berhasil. Setelah diajarkan pengenalan gender serta keterampilan dan dilibatkan secara aktif, para anggota sekolah perempuan telah memanfaatkan sekolah perempuan dalam peningkatan kualitas SDM Perempuan.

Published
2023-01-28