ANALISIS KINERJA PEGAWAI UTD PMI SURABAYA BAGIAN UMUM DAN LOGISTIK
Vol 2 No 3 (2022): Jurnal Inovasi Sektor Publik
Abstract
Kinerja individu menentukan kinerja organisasi. Dalam upaya untuk mencapai tujuan organisasi tidak terlepas dari peran pegawainya yang senantiasa bekerjasama dalam melaksanakan tugas yang telah ditentukan dan juga dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Sumber daya manusia atau biasa disebutĀ pegawai memiliki potensi yang baik terhadap pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pegawai UTD PMI Surabaya Bagian Umum dan Logistik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu suatu cara mengumpulkan bahan berupa kata-kata yang tertulis ataupun lisan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara terhadap 6 informan yaitu kepala seksi bagian umum dan logistik, sub bagian pembelian dan pengadaan barang, sub bagian pemeliharaan, sub bagian pengelolaan limbah, sub bagian labelling, dan sub bagian pengelolaan barang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai UTD PMI Surabaya Bagian Umum dan Logistik sudah baik, hal ini dilihat dari indikator kinerja yang terdiri dari kuantitas kerja, kualitas kerja, ketepatan waktu, tingkat kehadiran dan kerjasama. Dari 6 informan yang diwawancarai sudah menyelesaikan tugas tepat waktu sesuai dengan target yang diberikan dan memenuhi SOP yang ada di organisasi sehingga terjalin kerjasama yang baik dengan bidang lainnya. Pegawai juga selalu datang ke kantor tepat waktu dan tidak pernah meninggalkan pekerjaan waktu jam kerja kecuali ada perintah dari atasan.