EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PENDIDIKAN MELALUI PTSP DI MTS NEGERI 4 KOTA SURABAYA
Vol 2 No 3 (2022): Jurnal Inovasi Sektor Publik
Abstract
Al Amin, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Administrasi Negara, Juli 2022 dengan judul skripsi “Efektivitas Pelayanan Publik Pendidikan dengan sistem PTSP di MTs Negeri 4 Kota Surabaya” dengan rumusan masalah mengetahui bagaimanakah Kualitas Pelayanan dengan Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Dalam mengukur efektivitas kualitas pelayanan public melalui PTSP menggunakan pendekatan teori Rachmat Sudrajat. Dengan dimensi responsiveness (daya tanggap). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan informan sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan informasi dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan transcript, coding, grouping dan comparing. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelayanan prima sebagai ikon kota Surabaya yang identik dengan cepat, cakap dan valid. Manajemen PTSP dalam pengelolaan PTSP dengan alur langsung instruksi dan pelayanan prima. Dari segi pencapaian indikator kualitas pelayanan dalam lima dimensi, yaitu tangible, reability, responsiveness, assurance dan empathy, Berdasarkan hasil survei pengguna kualitas layanan layanan manual dan digital 78 % menyatakan bahwa pelayanan PTSP sudah baik dan memerlukan perbaikan berupa standarisasi, SOP dan kinerja aplikasi operator website MTsN 4 Kota Surabaya perlu ditingkatkan agar lebih baik lagi.