ELEMEN SUKSES PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (STUDI DI KECAMATAN CERME)
Vol 2 No 3 (2022): Jurnal Inovasi Sektor Publik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui elemen sukses penerapan E-Governemnt dalam pelayanan administrasi kependudukan melalui Aplikasi Poedak di Kantor Kecamatan Cerme. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian Deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan 3 elemen sukses dalam menerapkan E-Government di Kantor Kecamatan Cerme, yaitu: 1). Elemen Support yaitu adanya dukungan atau kemauan pimpinan instansi dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga pemerintah desa untuk menerapkan E-Government dan adanya aturan yang mendukung penerapan E-Government tersebut . 2). Elemen Capacity yang meliputi tersedianya Sumber daya finansial yang berasal dari APBD untuk Pemerintah Kabupaten dan Kecamatan serta APBDes untuk pemerintah desa, tersedianya Sumber daya infrastruktur yang mendukung penerapan E-Government seperti Komputer, print, wifi dll, dan tersedianya Sumber daya manusia yang berkompeten dalam pelaksanaan E-Government atau pelayanan online. Dan yang ke 3). Elemen Value terkait manfaat yang dirasakan oleh Instansi Pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kecamatan Cerme sebagai pemberi pelayanan online kepada Masyarakat yang dimana penerapan E-Government ini memberikan manfaat yang signifikan dari segi inovasi dalam pelayanan yang efektif dan efisien, Sedangkan manfaat yang dirasakan masyarakat sebagai penerima layanan yakni adanya kemudahan mendapat pelayanan secara cepat efektif dan efisien dari sisi waktu dan biaya.