ANALISIS PENERAPAN PRINSIP PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN BALONGPANGGANG

  • ANGGI MAYA S UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
  • IKA SEPTIN W UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
  • IMILDA RAHMI UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
Keywords: GOOD GOVERNANCE, PELAYANAN, PUBLIK, KECAMATAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip Good Governance dalam pelayanan publik di Kantor Kecamatan Balongpanggang. Penelitian berfokus pada pelayanan publik yang dilihat dari sudut pandang prinsip - prinsip dari Good Governance, yaitu partisipasi, aturan hukum, ketebukaan/transparasi, daya tanggap, berorientasi consensus, berkeadilan, efektivitas dan efesiensi serta bervisi strategis. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah pegawai atau karyawan Kantor Kecamatan Balongpanggang dan beberapa perwakilan dari masyarakat Kecamatan Balongpanggang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengamatan langsung (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan memperoleh hasil bahwa penerapan prinsip good governance pada pelayanan public di Kantor Kecamatan Balongpanggang

Published
2023-09-04