IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI KABUPATEN GRESIK (Studi Kasus UPT SMP Negeri 17 Gresik dan UPT SMP Negeri 9 Gresik)
Vol 4 No 1 (2024): Jurnal Inovasi Sektor Publik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis implementasi kebijakan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru di Kabupaten Gresik (2) mengidentifikasi dan menemukan faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan Kebijakan Sistem Zonasi di Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan teori implementasi George C. Edward III (1980). Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, UPT SMP Negeri 17 Gresik dan UPT SMP Negeri 9 Gresik. Dengan fokus penilitian ini terhadap implementasi kebijakan sistem zonasi. sumber data terditi dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan informan yang bersangkutan dan data sekunder berupa dokumentasi dari pelaksanaan program. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data yang terdiri reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan sistem zonasi di Kabupaten Gresik secara garis besar berjalan dengan baik karena sudah sesuai dengan indikator implementasi yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Dengan faktor pendukung yang ditemukan lebih banyak daripada faktor penghambat program.