KUALITAS PELAYANAN PROGRAM E-KIOS SEBAGAI INOVASI SEKTOR PUBLIK (Studi Kasus Kelurahan Dukuh Kupang Kota Surabaya)

Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Inovasi Sektor Publik

  • MUHAMMAD YANUAR
  • LUTFIA NURUL HIDAYATI UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
Keywords: KUALITAS, PELAYANAN, E-KIOS, E-GOVERMENT

Abstract

Melalui E-Kios, pelayanan terhadap warga dapat lebih mudah. E-Kios
merupakan mesin pelayanan publik berbasis teknologi informasi yang diciptakan oleh
Pemerintah Kota Surabaya yang merangkum fungsi dari E-Lampid, E-Health, SSW
yang telah disebarkan disetiap kelurahan dan kecamatan guna untuk memudahkan
masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dalam hal pemberkasan.. Rumusan masalah
pada penelitian ini adalah Bagaimana kualitas pelayanan program E-Kios di Kelurahan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan program E-Kios di
Kelurahan Dukuh Kupang Kota Surabaya
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif
dengan fokus penelitian yakni untuk mengetahui kualitas pelayanan program E-Kios di
Kelurahan Dukuh Kupang Surabaya dengan menggunakan instrumen E-GovQual yang
terdiri dari dimensi ease of use, trust, functionality of the interaction environment,
realibility, content and appreance of information, citizen support.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kualitas pelayanan program E-Kios di
Kelurahan dukuh Kupang Surabaya yang diukur menggunakan indikator indikator
kemudahan pengguna, kepercayaan, fungsi dari interaksi lingkungan, keandalan, isi
tampilan informasi, dukungan dari masyarakat termasuk sudah baik. Perlu peningkatan
pada indikator functionality of the interaction environment, realibility dan citizen
support. Pada indikator functionality of the interaction environment, perlu
penambahan formulir tanggapan pada program E-Kios. Sementara itu, pada indikator
realibility dan citizen support, sebaiknya E-Kios sudah mempersiapkan dan memastikan
bahwa mesin yang digunakan di pelayanan program E-Kios berfungsi dengan baik
setiap harinya serta perlu penambahan informasi kontak dan halaman bantuan pada
program E-Kios. Namun daripada itu pada indikator ease of use, trust, dan content and
appreance of information, Program E-Kios sudah sangat baik.

Published
2022-04-14