PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PEMBANGUNAN
(Studi Kasus di Desa Pengalangan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi berbicara dalam mengomentari persoalan faktual pada siswa kelas I SDN Pagerngumbuk II Kecamatan Wonoayu melalui model titok. Penelitian ini dilaksanakan di dalam kelas I SDN Pagerngumbuk II Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan melalui 2 siklus. Siklus I dilaksanakan tanggal 12 Februari 2015 dan 19 Februari 2015 pukul 07.00-08.10 dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mengomentati persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbicara. Sementara siklus II dilaksanakan tanggal, 8 Maret 2015 dan 15 Maret 2015.
Hasil penilaian menunjukkan peningkatan dari Siklus I sampai siklus II sebesar 19 % dan siswa yang tidak tuntas hanya 2 siswa (8%). Itu sudah melampaui Indikator keberhasilan KKM 70, dan ketuntasan Klasikal 80%. Hasil pengamatan juga menunjukkan ada peningkatan dari kategoti baik di siklus I menjadi sangat naik pada siklus II. Sedang rata-rata prosentase hasil angket pernyataan siswa tentang pembelajaran model Titok untuk jawaban “Ya “ juga mengalamai peningkatan 25% di siklus II. Hasil pengamatan skor 3 kategori baik. Peningkatan Prestasi berbicara dalam menomentari persoalan faktual dilihat dari jawaban “Ya” pada angket pernyataan siswa > 75 %.