Implementasi Konsep Smart Goverment Dalam Pelayanan Media Center Di Kota Surabaya

  • NOVITA SARI UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
Keywords: Smart City, Smart Government, E- Government, Pelayanan Publik, Media Center

Abstract

Perkembangan teknologi dan komunikasi pada masa sekarang telah mengubah sebagian pola aktivitas masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Kemudahan dalam mendapatkan informasi dan melakukan komunikasi khususnya pada bidang pelayanan publik sebagai salah satu contoh dari perkembangan teknologi dan komunikasi. Hadirnya layanan publik yang berbasis pada penggunaan teknologi sejalan dengan konsep Smart Governance. Kebijakan yang mengarah pada layanan publik yang berbasis pada teknologi yakni e-government yang biasanya mengacu pada penggunaan teknologi informasi meliputi teknologi informasi dan komunikasi dan teknologi komunikasi berbasis web lain untuk meningkatkan dan mengembangkan efisiensi dan efektivitas pelayanan di sektor publik.

Layanan publik berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya dengan menyediakan Media Center sebagai layanan informasi, pengaduan, keluhan, dan saran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan implementasi konsep smart government dalam pelayanan Media Center di Kota Surabaya. Media Center diselenggarakan untuk menampung berbagai masukan dari masyarakat dalam bentuk keluhan, informasi, maupun saran untuk membantu proses pembangunan kota yang dapat dilakukan melalui beragam media. Era teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih memberikan kontribusi dalam pengelolaan perkotaan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan perkotaan berbasis TIK diharapkan dapat mempermudah, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan efektivitas kegiatan pengelolaan perkotaan.

Metode penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini bersifat kualitatif. Jenis dan Sumber Data, yakni Data Sekunder. Penelitian ini berfokus pada hasil pengelolaan Rekapitulasi keluhan Masyarakat Media Center penelitian yang berupa Studi Kepustakaan (Library Research).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Konsep Smart Government pada pelayanan Media Center  sudah cukup baik walaupun masih terdapat kekurangan di bidang pelayanannya.

Published
2022-02-23