KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI MASA PANDEMI DI KOTA SURABAYA

  • FANI AMALIA SAFIRA UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
  • NUR HOLIFAH UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
Keywords: Pelayanan, Kesehatan, Puskesmas

Abstract

Menjaga kualitas pelayanan kesehatan pada massa pandemic Covid-19, Puskesmas
dituntut untuk memberikan pelayanan secara cepat, tepat dan sehat. Covid-19 sebagai pandemic
dunia, harus disikapi seluruh penduduk dunia termasuk Indonesia, teristimewa di puskesmaspuskesmas sebagai garda pelayanan public, dan sebagai pusat pemberantasan ataupun investigasi
Covid-19. Penelitian ini berujuan menganalisis pelayanan kesehatan di Puskesmas dengan
menggunakan purposive random sampling, yaitu memilih secara sengaja beberapa anggota
masyarakat yang datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kota
Surabaya masa pandemi Covid-19 relatif baik yang ditunjukkan dengan kompetensi teknik
petugas kesehatan yang baik, keterjangkauan dan akses ke puskesmas juga mudah, fasilitas
nyaman, informasi yang diberikan sangat baik, ketepatan waktu pelayanan cukup baik dan
hubungan antar manusia sangat baik. Inovasi terus dilakukan antara lain puskesmas
mengefektifkan jumlah tenaga kesehatan yang ada sesuai kebutuhan pelayanan. Dengan sistem
komputerisasi pasien tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan pelayanan
kesehatan.

Published
2022-05-31