ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUI FLUKTUASI HARGA CABAI RAWIT DI PASAR KEPUTRAN SURABAYA

  • Charlesius Doni UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
  • Siti Alimah Wijaya Putra University
Keywords: Kata Kunci: Harga cabai rawit, Jumlah produksi dan Fluktuasi

Abstract

Latar Belakang: Fluktuasi harga cabai ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti perubahan musim tanam, cuaca produksi petani yang tidak stabil, perubahan permintan dari negara lain, dan lain sebagainya. Karena itu, para petani dan pedagang di pasar eceran harus memperhatikan kondisi pasar dan keadaan lingkungan sekitar untuk dapat memprediksi fluktuasi harga cabai dan melakukan strategi yang tepat untuk mengatasi fluktuasi tersebut

Tujuan: untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga cabai rawit di pasar Keputran surabaya

Metode Penelitian:Dalam penenlitian ini jenis yang digunakan adalah metode eksplanatori. Data yang digunakan dalam bentuk time series dimulai tahun 2018 sampai tahun 2020 (dalam data perbulan), melalui pengambilan data kepublikasi atau arsip Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Badan Pusat Statistik Kecamatan Tegalsari. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Analisis Regresi Linear Berganda.

Hasil:Terjadi fluktuasi harga pada cabai rawit di Pasar Keputran Surabaya harga yang ditetapkan oleh pedagang cukup bervariasi setiap tahunnya. Dapat diketahui rata-rata harga cabai rawit 3 tahun terakhir pada tahun 2021 yaitu Rp.14.000 per kilogram pada bulan September dan pada bulan Agustus 2022 sampai bulan Juni 2023 mengalami kenaikan sebesar Rp.85.000.Faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga cabai rawit di Pasar Keputran Surabaya dari tiga variabel bebas (independen) terdapat semua variabel berpengaruh signifikan terhadap fluktuasi harga cabai rawit di pasar Keputran Surabaya, harga beli petani (X1) p=0,007, jumlah produksi (X1) p= 0,001 dan inflasi (X3) p=0,004.

Kesimpulan: Terjadi fluktuasi harga pada cabai rawit di Pasar Keputran Surabaya harga yang ditetapkan oleh pedagang cukup bervariasi setiap tahunnya, Faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga cabai rawit di Pasar Keputran Surabaya dari tiga variabel bebas (independen) terdapat semua variabel berpengaruh signifikan terhadap fluktuasi harga cabai rawit di pasar Keputran Surabaya.

Published
2024-03-25