Sosialisasi Gerakan Zero Waste dalam Pengolahan Limbah Sampah Rumah Tangga bagi Warga Kelurahan Klampis Surabaya

  • I Gusti Ayu Sri Deviyanti Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
  • Sri Rahayu Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
  • Pram Eliyah Yuliana Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
  • Kelvin Kelvin Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
  • Setya Ardhi Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
  • Suhatati Tjandra Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
Keywords: Zero Waste, pengelolaan limbah, kesadaran lingkungan, praktik berkelanjutan

Abstract

Abstrak. Gerakan Zero Waste telah menjadi fokus utama dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan. Dalam konteks warga Kelurahan Klampis Surabaya, masalah pengelolaan limbah rumah tangga menjadi perhatian utama karena masih banyak individu yang belum mengadopsi praktik zero waste dengan baik. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman serta penerapan gerakan Zero Waste di komunitas ini. Melalui kolaborasi antara Tim Dosen dan Mahasiswa Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya dengan anggota PKK, penyuluhan dan sosialisasi gerakan Zero Waste dilaksanakan pada bulan Oktober hingga Desember 2023. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui pengisian kuesioner, yang menunjukkan adanya peningkatan kesadaran dan niat untuk menerapkan praktik Zero Waste dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan bahwa kegiatan ini akan memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan di warga Kelurahan Klampis Surabaya.

References

Ika Wahyuning Widiarti, 2012, Pengelolaan Sampah Berbasis “Zero Waste” Skala Rumah Tangga Secara Mandiri, Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan Volume 4 no. 2 , Universitas Islam Indonesia.

Kartini Rustan, Andi Agustang, Idham Irwansyah Idrus, 2023, Penerapan Gaya Hidup Zero Waste sebagai Upaya Penyelamatan Lingkungan di Indonesia, Sibatik Journal Volume 2 No. 6, Lafadz Jaya Publisher.

M. Iqbal, T. Suheri, 2019, Identifikasi Penerapan Konsep Zero Waste Dan Circular Economy Dalam Pengelolaan Sampah Di Kampung Kota Kampung Cibunut, Kelurahan Kebon Pisang Kota Bandung, Jurnal Wilayah dan Kota, volume 6 no. 2, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Sopiah Andini, Saryono, Alisa Nur Fazria, Hasan, 2022, Strategi Pengolahan Sampah dan Penerapan Zero Waste di Lingkungan Kampus STKIP Kusuma Negara, Jurnal Citizenship Virtues, volume 2 No. 1, LPPM STKIP Kusuma Negara.

Published
2024-04-28
Section
Articles