Penerapan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Produk Pada Situs Penjualan Toko ABC
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberi fitur rekomendasi produk menggunakan algoritma apriori pada situs penjualan Toko ABC. Manfaat dari fitur rekomendasi adalah untuk memberikan saran produk kepada pembeli berdasarkan produk yang sering dibeli oleh pembeli lain. Metode yang digunakan adalah algoritma apriori. Algoritma Apriori dipilih karena kemampuannya yang terbukti efektif dalam mengidentifikasi pola pembelian pada data transaksi yang besar. Hasil implementasi algoritma apriori dalam penelitian ini menghasilkan nilai 25% support untuk tiga item set dari pembelian produk. Berdasarkan perhitungan algoritma apriori, produk yang saling terkait adalah Kopiko Coffe Caramel, Kusuka Keripik Singkong Ayam Seaweed, Sari Roti Roti Tawar Double Soft dengan nilai support 25%. Penerapan ini dapat memberikan informasi agar strategi penjualan menjadi lebih terarah dengan menargetkan produk yang tepat kepada pelanggan yang tepat.
References
P. Nabila, A. Ikhwan, and M. Alda, “Penerapan Content-Based Filtering Dan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Batu Permata Di Toko Muny Gem’s,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 178–192, Oct. 2024, doi: 10.55122/JUNSIBI.V5I2.1473.
C. Gunawan, W. Susanti, and Y. Duha, “Sistem Rekomendasi Produk E-Commerce Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Mhs. Apl. Teknol. Komput. dan Inf., vol. 6, no. 2, pp. 84–90, Aug. 2024, doi: 10.35145/JMAPTEKSI.V6I2.4485.
E. M. Randi and R. T. Aldisa, “Penerapan Data Mining dalam Menentukan Produk Penjualan Terlaris Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Comput. Syst. Informatics, vol. 5, no. 4, pp. 1055–1063, Aug. 2024, doi: 10.47065/JOSYC.V5I4.5820.
D. Ramadhan, S. Syam, R. Kurniasari, and T. Hidayat, “Implementasi Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Berbasis Web,” Jutis (Jurnal Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 77–88, Apr. 2024, Accessed: Nov. 11, 2024. [Online]. Available: https://www.ejournal.unis.ac.id/index.php/jutis/article/view/5179.
A. Setiawan and F. P. Putri, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Kombinasi Produk Penjualan,” Ultim. J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 66–71, 2020, doi: 10.31937/ti.v12i1.1644.
D. Listriani, A. H. Setyaningrum, and F. Eka, “PENERAPAN METODE ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA APLIKASI ANALISA POLA BELANJA KONSUMEN (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro),” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 120–127, 2018, doi: 10.15408/jti.v9i2.5602.
V. N. Budiyasari, P. Studi, T. Informatika, F. Teknik, U. Nusantara, and P. Kediri, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan kacamata Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,” Indones. J. Comput. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 31–39, 2017.
R. F. Naibaho, S. Z. Harahap, and A. P. Juledi, “Implementasi Data Mining Menggunakan Metode Algoritma FP-Growth Dan Algoritma Apriori Pada Toko IBR Jaya Untuk Meningkatkan Penjualan,” INFORMATIKA, vol. 12, no. 3, pp. 504–513, Aug. 2024, doi: 10.36987/INFORMATIKA.V12I3.6128.
Copyright (c) 2024 Muhammad Zulfan Ramadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 JISTI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright aims to protect the specific way the article has been written to describe an experiment and the results. JISTI is committed to its authors protecting and defending their work and their reputation and takes allegations of infringement, plagiarism, ethical disputes, and fraud very seriously. JISTI is published under the terms of Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). Authors retain the copyright and grant the journal right of first publication (online) with the work simultaneously. We use the restrictive license (non-commercial) as follows:
- BY (attribution): Users are allowed to share, distribute and redistribute the published article in any medium or format, with an identification of the authors and its initial publication in this journal. Authors are encouraged to post and distribute their articles immediately after publication (e.g., institutional or public repositories, personal websites). Authors are allowed to enter into additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published and an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- NC (non-commercial): Users are not allowed to use the article commercially without the permission of the authors. Authors agree explicitly that the published article is indexed worldwide in databases, repositories and indexation services, even if these services operate on a commercial basis. Authors grant JISTI explicitly the right to include the published articles in databases, repositories and indexation services. You can see examples of personal and commercial use on this link.