Penerapan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Produk Pada Situs Penjualan Toko ABC

  • Isnaini Muhandhis Universitas Wijaya Putra
  • Muhammad Zulfan Ramadhani Universitas Wijaya Putra
Keywords: e-commerce, rekomendasi produk, asosiasi, sistem informasi, data mining

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberi fitur rekomendasi produk menggunakan algoritma apriori pada situs penjualan Toko ABC. Manfaat dari fitur rekomendasi adalah untuk memberikan saran produk kepada pembeli berdasarkan produk yang sering dibeli oleh pembeli lain. Metode yang digunakan adalah algoritma apriori. Algoritma Apriori dipilih karena kemampuannya yang terbukti efektif dalam mengidentifikasi pola pembelian pada data transaksi yang besar. Hasil implementasi algoritma apriori dalam penelitian ini menghasilkan nilai 25% support untuk tiga item set dari pembelian produk. Berdasarkan perhitungan algoritma apriori, produk yang saling terkait adalah Kopiko Coffe Caramel, Kusuka Keripik Singkong Ayam Seaweed, Sari Roti Roti Tawar Double Soft dengan nilai support 25%. Penerapan ini dapat memberikan informasi agar strategi penjualan menjadi lebih terarah dengan menargetkan produk yang tepat kepada pelanggan yang tepat.

References

P. Nabila, A. Ikhwan, and M. Alda, “Penerapan Content-Based Filtering Dan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Batu Permata Di Toko Muny Gem’s,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 178–192, Oct. 2024, doi: 10.55122/JUNSIBI.V5I2.1473.

C. Gunawan, W. Susanti, and Y. Duha, “Sistem Rekomendasi Produk E-Commerce Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Mhs. Apl. Teknol. Komput. dan Inf., vol. 6, no. 2, pp. 84–90, Aug. 2024, doi: 10.35145/JMAPTEKSI.V6I2.4485.

E. M. Randi and R. T. Aldisa, “Penerapan Data Mining dalam Menentukan Produk Penjualan Terlaris Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Comput. Syst. Informatics, vol. 5, no. 4, pp. 1055–1063, Aug. 2024, doi: 10.47065/JOSYC.V5I4.5820.

D. Ramadhan, S. Syam, R. Kurniasari, and T. Hidayat, “Implementasi Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Berbasis Web,” Jutis (Jurnal Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 77–88, Apr. 2024, Accessed: Nov. 11, 2024. [Online]. Available: https://www.ejournal.unis.ac.id/index.php/jutis/article/view/5179.

A. Setiawan and F. P. Putri, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Kombinasi Produk Penjualan,” Ultim. J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 66–71, 2020, doi: 10.31937/ti.v12i1.1644.

D. Listriani, A. H. Setyaningrum, and F. Eka, “PENERAPAN METODE ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA APLIKASI ANALISA POLA BELANJA KONSUMEN (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro),” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 120–127, 2018, doi: 10.15408/jti.v9i2.5602.

V. N. Budiyasari, P. Studi, T. Informatika, F. Teknik, U. Nusantara, and P. Kediri, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan kacamata Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,” Indones. J. Comput. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 31–39, 2017.

R. F. Naibaho, S. Z. Harahap, and A. P. Juledi, “Implementasi Data Mining Menggunakan Metode Algoritma FP-Growth Dan Algoritma Apriori Pada Toko IBR Jaya Untuk Meningkatkan Penjualan,” INFORMATIKA, vol. 12, no. 3, pp. 504–513, Aug. 2024, doi: 10.36987/INFORMATIKA.V12I3.6128.

Published
2024-11-13
Section
Articles