IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH 1 TAMAN, SIDOARJO

  • jurnalmap map
  • Rahadian Arif Rahman
  • Hadi Susanto
  • Sri Mulyani

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis implementasi kebijakan penguatan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah 1 Taman, Sidoarjo, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan wawancara langsung, analisis data sekunder dan pengamatan lapangan elemen krusial yang memengaruhi jalannya implementasi kebijakan berdasarkan teori Mazmanian dan Sabatier. Hasil penelitian menunjukkan pada variabel karakter masalah, implementasi penguatan pendidikan karakter merupakan masalah yang cukup sulit untuk dilaksanakan.  Namun karena pentingnya penguatan pendidikan karakter maka kebijakan ini tetap dilaksanakan oleh SD Muhammadiyah 1 Taman secara optimal. Dalam variabel karakteristik kebijakan, penguatan pendidikan karakter merupakan kebijakan pemerintah yang cukup jelas dan telah disertai aturan yang konsisten, sehingga sangat relevan untuk dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Taman. Sedangkan dalam variabel lingkungan, penguatan pendidikan karakter ini mendapat dukungan yang sangat positif dari masyarakat, sehingga sangat memudahkan SD Muhammadiyah 1 Taman dalam mengimplementasikan kebijakan ini. Kendala dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah 1 Taman antara lain adalah faktor kesadaran keluarga, faktor lingkungan, faktor sumbar daya pendidik sebagai pelaksana program penguatan pendidikan karakter ini.

 

Kata kunci: kebijakan publik, penguatan pendidikan karakter

Diterbitkan
2019-10-09