IMPLEMENTASI PROGRAM KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) DI SMA NEGERI 2 DUMOGA

  • Dwi Wahyu Prasetyono
Keywords: implementasi kebijakan, Kartu Indonesia Pintar, pengelolaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis program Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMA Negeri 2 Dumoga serta mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang menjadi pendorong dan penghambat implementasi program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru pengelola KIP SMA Negeri 2 Dumoga, siswa penerima KIP beserta orang tua siswa. Obyek penelitian mengenai pengelolaan implementasi kebijakan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) tahun ajaran 2015/ 2016 di SMA Negeri 2 Dumoga. Data dikumpulkan melalui metode wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi data. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil p enelitian menunjukkan bahwa sasaran KIP di SMA Negeri 2 Dumoga khususnya untuk tahun 2015 tahap VI berjumlah 23 siswa yang seluruhnya memiliki KIP. Faktor pendukung implementasi KIP: informasi dari pihak dinas secara rutin ke sekolah dan secara online. Faktor penghambat: evaluasi dari program KIP yang dilaksanakan setiap periode program menyebabkan terjadinya perubahan pada mekanisme serta terjadinya penyelewengan dana KIP.

Published
2018-02-23
How to Cite
Prasetyono, D. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) DI SMA NEGERI 2 DUMOGA. MAP (Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik), 1(01), 15-30. https://doi.org/10.37504/map.v1i01.32