UPAYA PENINGKATAN MUTU MENGAJAR GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 TONGAS PROBOLINGGO

  • Taufiq Surya Hadi SMA NEGERI 1 Tongas Probolinggo
Kata Kunci: keefektifan, supervisi akademik, mutu mengajar guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya peningkatan mutu mengajar guru melaluisupervisi akademik kepala sekolah di SMA Negeri 1 Tongas Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.   Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Tongas Probolinggo tahun 2020.   Hasil penelitian menyimpulkan Sistem pelaksanaan supervisi akademik Kepala SMA Negeri 1 Tongas Probolinggo sudah membentuk tim supervisor atau Tim Penilaian Kinerja Guru. Kepala Sekolah telah menyusun perencanaan program supervisi akademik, meminta laporan dari supervisor, dan menindaklanjuti hasil supervisi sesuai dengan yang seharusnya.  Mutu mengajar guru di SMA Negeri 1 Tongas Probolinggo mengalami perbaikan dari segi administrasi maupun proses. Pelaksanaan supervisi yang berlangsung terus-menerus dan terprogram dengan baik memiliki peran yang besar dalam peningkatan mutu mengajar guru. Faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan supervisi akademik Kepala SMA Negeri 1 Tongas Probolinggo adalah profesionalitas kepala sekolah yang tinggi, kompetensi supervisor ( anggota tim PKG)  yang tinggi,  guru yang rata-rata sudah siap disupervisi oleh Kepala Sekolah.

Diterbitkan
2023-07-14