PENGARUH BAURAN PROMOSI (PROMOTION MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS INTERNATIONAL LANGUAGE FOUNDATION (ILF) DI LAMONGAN

  • jurnalpps pps
  • Ahmad Latif

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi yaitu Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Public Relation, Direct Marketing terhadap keputusan pemilihan pada Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris International Language Foundation (ILF) Lamongan. Dalam penelitian ini, populasinya adalah seluruh orang tua siswa yang masih aktif belajar di ILF Lamongan.  Jumlah sampel 57 orang. Kuesioner digunakan pada penelitian ini sebagai Teknik pengambilan data. Jumlah pernyataan dalam kuesioner sebanyak 31 dengan menggunakan skala Likert. Waktu penelitian diadakan dalam rentang bulan Februari 2018 ÔÇô Mei 2019.  Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan uji validitas dan uji reliabilitas pada setiap pernyataan. Uji hipotesis diterapkan pada penelitian ini dengan uji F, uji t, koefisien korelasi, koefisien determinasi. Uji asumsi klasik pada penelitian ini diterapkan dengan menggunakan uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, dan uji linieritas.  Hasil dari penelitian ini adalah variabel Sales Promotion berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pemilihan Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris ILF Lamongan. Sedangkan variabel Advertising, Personal Selling, Public Relations dan Direct Marketing tidak berpengaruh secara signifikan terdahap keputusan Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris ILF Lamongan.

 

Kata kunci: advertising, sales promotion, personal selling, public relations, direct marketing, keputusan pemilihan

Diterbitkan
2020-02-05

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 4 5 6 7 > >>