MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM TERPADU (IT) DALAM MEMBENTUK SISWA BERAKHLAK MULIA PADA SDIT BALIKPAPAN ISLAMIC SCHOOL BALIKPAPAN
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui gambaran manajemen pendidikan Islam terpadu dalam membentuk siswa berakhlak mulia di SDIT Balikpapan Islamic School Balikpapan serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Konsep manajemen pendidikan Islam terpadu di SDIT Balikpapan Islamic School Balikpapan terdiri dari beberapa point, yaitu: 1) Mendidik sesuai usia atau (base on fitrah) 2) mendidik sesuai dengan bakat dan potensi (multiple Intelligences) 3). Mendidik sesuai modalitas belajar (Visual, auditory dan Kinestetik) 4). Mendidik sesuai dengan konsep Fun Learning 5) Menyajikan pendidikan yang Integral (syamil/holistic). Faktor pendukung dalam membentuk siswa berkahlak mulia adalah : 1) Adanya Visi-misi sekolah islam terpadu; 2) Adanya kurikulum terpadu Dinas pendidikan dan kurikulum khas sekolah. 3) Proses Kegiatan Belajar mengajar yang baik; 4) Tenaga pendidik dan kependidikan yang memadai; 5) Metode dan Pendekatan Pendidikan (sekolah) Islam Terpadu 6) Budaya mutu sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya, adalah 1) Sinergi orang tua dengan sekolah yang belum optimal. 2). Perkembangan Informasi dan tekhnologi yang kurang pengawasan dari orang tua. 3). Sistem full day school yang melelahkan 4). Sistem evaluasi dan kontrol dari dari guru dan manajemen yang kurang maksimal 5). Lingkungan rumah dan teman bermain yang kurang kondusif.