PENINGKATAN DISIPLIN KERJA GURU DI SMK NUSANTARA BALIKPAPAN KALIMANTAN TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan disiplin kerja guru pada SMK Nusantara Balikpapan. Metode penelitian ini adalah deskriftif kualitatif, subjek peneltian ini adalah kepala sekolah dan guru-guru pada SMK Nusantara Balikpapan Propinsi Kalimantan Timur. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang mencakup tiga kegiatan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pada SMK Nusantara Balikpapan memiliki disiplin kerja yang baik dan terus meningkat, Dalam hal upaya meningkatkan kedisiplinan guru di lingkungan SMK Nusantara secara terstruktur dimana SMK Nusantara memiliki kemampuan pengelolaan Struktur Organisasi Sekolah SMK Nusantara Balikpapan dengan baik, memiliki tujuan diadakan peningkatan kedisiplinan guru kerja di SMK Nusantara Balikpapan, Memiliki dasar peningkatan kedisiplinan guru kerja di SMK Nusantara Balikpapan, Upaya Pelaksanaan peningkatan kedisiplinan kerja guru di SMK Nusantara Balikpapan, Mengatasi kendala yang dihadapi, Partisipasi Guru dalam membantu proses peningkatan kedisiplinan kerja guru di SMK Nusantara Balikpapan.