PENGARUH FASILITAS SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP MUHAMMADIYAH 3 BALIKPAPAN- KALIMANTAN TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi fasilitas sekolah, motivasi kerja guru dan disiplin kerja, untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh fasilitas sekolah, motivasi kerja guru dan disiplin kerja secara simultan terhadap kinerja guru, untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh fasilitas sekolah, motivasi kerja guru dan disiplin kerja secara parsial terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Balikpapan Kalimantan Timur. Pengambilan data dilakukan mulai dari April – Mei 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan jumlah anggota populasi 31 guru. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas sekolah, motivasi kerja dan disiplin kerja secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, fasilitas sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja kinerja guru, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.