ANALISIS BRAND IMAGE DAN VOLUME PENJUALAN PADA UMKM GEMARIKAN DI DESA BAGOREJO GUMUKMAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi brand image dan volume penjualan pada UMKM GEMARIKAN di Desa Bagorejo Gumuk Mas Jember. Dimana pada prosesnya diharapkan dapat ditemukan masukan, informasi yang membangun dalam meningkatkan kualitas layanan, kualitas produk serta strategi dalm pengoptimalkan penjualan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang akan mengurai fenomena dan proses ekonomi, serta konsep strategi brand image, untuk mengenali perilaku konsumen lebih jauh agar dapat mengidentifikasi karakteristiknya, dengan harapan dapat menemukan teknis dan strategi pemasaran yang lebih bagus untuk meningkatkan volume penjualan dengan pendekatan observasi langsung, studi dokumentasi, dan teknik wawancara. Hasil dari pendekatan tersebut dianalisis untuk merumuskan masukan yang didapat dari informan, sebagai bahan acuan perkembangan strategi yang lebih baik. Informan yang menjadi responden penelitian ini adalah lima anggota keluarga yang mengelola UMKM, 15 orang pembeli lepas, dan 5 orang pembeli tetap. Dari hasil analisa studi dokumentasi, observasi dan wawancara, telah ditemukan bahwa dengan terwujudnya indikator keberhasilan brand image dan volume penjualan maka dapat meningkatkan kinerja UMKM utamanya dalam peningkatan volume penjualan