ANALISIS PENGARUH FUNGSI KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PRAJURIT MELALUI BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA PRAJURIT DI LANTAMAL V SURABAYA

  • Mohamad Faikhul Himam

Abstract

Penyebab utama rendahnya kinerja prajurit yaitu masih kurangnya disiplin prajurit pada tugas dan kesatuan, motivasi prajurit pada tata tertib dan tugas serta masih kurang optimalnya kepuasan kerja dalam mencapai tujuan, visi dan misi kesatuan sehingga berdampak pada prajurit yang melalaikan tugas dan kewajiban serta peningkatan pelanggaran dalam bentuk indisipliner terhadap tata tertib kesatuan. Capaian hasil unjuk kerja yang dicapai prajurit di Lantamal V Surabaya yang masih termasuk dalam kategori cukup baik menjadi salah satu faktor masih rendahnya efektivitas kerja organisasi dalam mendukung operasional dan kesiapan kapal di Lantamal V Surabaya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif.  Sebagai lokasi penelitian ini adalah Lantamal V Surabaya, sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 prajurit Lantamal V Surabaya.

Hasil penelitian menunjukkan fungsi kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja prajurit Pangkalan Utama Angkatan Laut V Surabaya. Budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja prajurit Pangkalan Utama Angkatan Laut V Surabaya. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja prajurit Pangkalan Utama Angkatan Laut V Surabaya. Fungsi kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja di Pangkalan Utama Angkatan Laut V Surabaya. Dan baik langsung maupun tidak langsung fungsi kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja prajurit melalui kepuasan kerja dan budaya organsasi.

Kata kunci   :    kepemimpinan, budaya organisasi, kepuasan kerja dan kinerja prajurit

Published
2017-09-12
How to Cite
Faikhul Himam, M. (2017). ANALISIS PENGARUH FUNGSI KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PRAJURIT MELALUI BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA PRAJURIT DI LANTAMAL V SURABAYA. Jurnal Manajerial Bisnis, 1(1), 14-33. Retrieved from http://jurnal.uwp.ac.id/pps/index.php/mm/article/view/5