PENGARUH PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM PEMASARAN PRODUK PAKAIAN DI SHOPEE UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK KONSUMEN

  • Alvarez As Syiammi PNJ
Keywords: Bahasa Indonesia, Pemasaran, Deskripsi, Promosi, Komunikasi, Language, Marketing, Description, Promotion, Communication

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to determine how Bahasa contributes to the increase in customer awareness of the products sold on Shopee. Since the majority of people speak Indonesian, it is extremely important to establish an effective communication channel between buyers and sellers on e-commerce platforms. Using the questionnaire method, this study collected data from 100 respondents who were actively shopping on Shopee. The results indicate that the use of formal, clear, and creative Indonesian language in product descriptions, review, and promotions significantly increases customer trust and satisfaction, with an efficiency rate of 81.85%. In addition, features like live chat that use Indonesian are also considered positive. This study advances consumer perception and communication theory, which states that customer satisfaction and loyalty can be increased by communicating information in relevant languages. This study also helps to understand language-based pemasaran strategies in e-commerce, specifically Shopee, and provides guidance on how to optimize local communication to boost business success.

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana bahasa Indonesia berkontribusi pada peningkatan daya tarik pelanggan terhadap produk pakaian yang dijual di Shopee. Karena bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang digunakan mayoritas orang, bahasa ini sangat penting dalam menjalin hubungan yang efektif antara penjual dan pembeli di platform e-commerce. Dengan menggunakan metode kuesioner, penelitian ini mengumpulkan data dari 100 responden yang aktif berbelanja di Shopee. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia yang formal, jelas, dan kreatif dalam deskripsi produk, ulasan, dan promosi meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan pelanggan secara signifikan, dengan persentase efektivitas rata-rata 81,85%. Selain itu, fitur interaksi seperti chat live yang menggunakan bahasa Indonesia juga dinilai positif. Studi ini meningkatkan teori komunikasi pemasaran dan persepsi konsumen, yang menyatakan bahwa citra merek dan kesetiaan pelanggan dapat ditingkatkan dengan menyampaikan informasi dengan bahasa yang relevan. Penemuan ini juga membantu memahami strategi pemasaran berbasis bahasa dalam e-commerce, khususnya di Shopee, dan menyarankan untuk optimalisasi komunikasi berbasis lokal untuk mendukung keberhasilan bisnis.

Published
2025-02-17
How to Cite
Syiammi, A. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM PEMASARAN PRODUK PAKAIAN DI SHOPEE UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK KONSUMEN. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Sosial, 2(4), 136-145. Retrieved from https://jurnal.uwp.ac.id/FEB/index.php/jebs/article/view/491