PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SDIT PERMATA SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal dan disipin kerja terhadap kinerja guru. Sampel dalam penelitian ini adalah guru SDIT Permata Surabaya sebanyak 33 guru. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistic dengan alat bantu SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa secara parsial komunikasi interpersonal dan disiplin kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hasil penelitian selanjutnya diketahui bahwa secara simultan komunikasi interpersonal dan disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru. Hasil koefisien determinasi (R2) adalah lemah karena disebabkan variabel-variabel yang tidak disertakan dalam penelitian ini antara lain motivasi, lingkungan kerja fisik dan kompetensi.
References
Aruni Fidhia, dan Faisal. 2021. Efektivitas Kebijakan Sertifikasi dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (Studi pada SMP Negeri 1 Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara). Jurnal Pendidikan. Vol 5(2). Hal: 42-48.
Hasibuan, J. S., & Silvya, B. (2019, December). Pengaruh disiplin kerja dan motivasi terhadap kinerja karyawan. In Prosiding Seminar Nasional USM (Vol. 2, No. 1, pp. 134-147).
Hustia, A. (2020). Pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada perusahaan WFO Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 81.
Istika, F., Jariah, A., & Hidayat, Z. (2019). Peranan Kedisipilinan, Kompetensi dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru PAUD se-Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 2(1), 24-27.
Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi. 2009. Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Diakses pada 15 Maret 2024 Pukul 11.30 WIB. https://rb.gy/fwdku8.
Kurniawan, M.R., Arif E., dan Asmawi. 2021. Hubungan antara Konsep Diri, Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal dalam Proses Pembelajaran pada Mahasiswa. Journal of Education. Humaniora and Social Sciences (JEHSS). Vol 4(1). Hal: 485-493.
Nilasari, S., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). Pengaruh komunikasi interpersonal dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Attractive: Innovative Education Journal, 2(3), 15-20
Oktarina, E., Makhdalena, M., & Caska, C. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Se Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 8(1), 84-94.
Pertiwi Y., Efendi., Andy W., Sudung S. 2019. Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja pada PT Perkebunan Nusantaran III (Persero) Kebun Bangun. Sultanist: Jurnal Manajemen Dan Keuangan. Vol: 7(2). Hal: 11-20
Prabandaru, D. R. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik, Komunikasi Interpersonal dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru MTS Negeri 6 Kediri. Akuntansi, 1(3), 254-261.
Prakoso, C. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Karyawan Travel Terhadap Kinerja Karyawan Zena Travelindo Malang (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja guru taman kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741-1753.
Pristiwanti D., Badariah Bai., Hidayat S., Dewi R.S. 2022. Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 4(60. Hal: 7911-7915.
Rizal, A. S. (2019). Pengaruh motivasi kerja dan kedisiplinan terhadap kinerja guru SMP. Jurnal Ulul Albab, 23(1), 15-22.
Sojanah, J., Rodiah, R. S., & Kodri, K. (2021). Komunikasi interpersonal sebagai determinan tehadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 6(1), 103-110.
Sucipta, A., & Melina, A. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 15 Merangin Kecamatan Jangkat. Ekopendia, 7(2), 146-155
Sugiyono (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke Lima Edisi Kedua, Alfabeta, Bandung
Ulfa, A., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2021). Peranan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1223-1230.
Utari dan Rasto. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkotaan. Vol 4(2). Hal: 238-245.
Wahab, W. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin kerja karyawan pada PT. Indomas Rezeki Jaya Kabupaten Pelalawan. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 11(2), 127-140.