PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI

  • Ardi Pratama Putra Universitas Wijaya Putra
  • Soenarmi Soenarmi Universitas Wijaya Putra
Keywords: Minat Beli, Persepsi Harga, Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, persepsi harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening pada pelanggan Toko plafon PVC Cipta Karya Indah Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengn sumber data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner penelitian. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi analisis jalur menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli, Persepsi Harga berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli, Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli, Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Persepsi Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Minat Beli berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli, Persepsi Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli, dan Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli.

References

Ahsani, A.F., dan Purnomo, H. 2022. Pengaruh Citra Merek, Fitur, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Smartphone Xiaomi) di Kabupaten Lamongan. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 2 (2): 136-139.
Azahra, F., dan Hadita. 2023. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Intervening Minat Beli KFC Golden City Bekasi di Sosial Media Instagram. Jurnal Economia, 2 (2): 678-691.
Chaniago, R.M.T., Widyanto, dan Farida, N. 2023. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Asus Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12 (1): 165-174.
Hair, Jr. J.F., Black, W.C., Babin, B.J., dan Anderson, R.E. 2019. Multivariate Data Analysisi Seventh Edition. Sage Publications.
Hasanah, U., Chotib, M., dan Qoriani, H.F. 2023. Pengaruh Harga, Persediaan Barang dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Sintax Admiration, 4 (10): 1577-1597.
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Priadana, S., dan Sunarsi, D. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.
Ramadhani, H., Supeni, R.E., dan Setianingsih, W.E. 2022. Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Emina di Masa Pandemi Covid 19. UM Jember Proceeding Series, 1 (3): 402-409.
Rofiudin, M., Shabry, M., dan Juniarsa, N. 2022. Pengaruh Harga dan Fitur Layanan Terhadap Minat Beli Konsumen Tokopedia Pasca Covid 19 di Malang Raya. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 19 (2): 721-730.
Ryananda, M.H., Udayana, I.B.N., dan Diansepti, B. 2022 Analisis Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen JEBM, 14 (2): 461-469.
Syafitri, A., Sari, E.R., dan Sanjaya, V.F. 2021. Pengaruh Citra Merek, Promosi, dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarllet Whitening (Studi Kasus Mahasiswi UIN Raden Intan Lampung). Jurnal Manajemen Bisnis Syariah (Al Multazim), 1 (1): 25-38.
Welsa, H., Ningrum, N.K.M dan Rumiyati, I. 2023. Pengaruh Service Quality dan Facilities Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Jasa Trans Jogja di Kota Yogyakarta). Al-Kharaj Jurnal Ekonomi, Keuangan, & Bisnis Syariah, 5 (5): 2013-2021.
Published
2025-02-12
How to Cite
Putra, A., & Soenarmi, S. (2025). PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Sosial, 2(4), 114-126. Retrieved from https://jurnal.uwp.ac.id/FEB/index.php/jebs/article/view/515