PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN TOKO ONLINE SABLON DI GRESIK

  • Putri Ramadhani Universitas Wijaya Putra
  • Dwi Lesno Panglipursari Universitas Wijaya Putra
Keywords: Leverage; Profitabilitas; Kebijakan Dividen; Nilai Perusahaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh leverage, profitabilitas dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif.. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh bank konvensional Tbk yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2019-2021. Sampel yang digunakan sebanyak 21 perusahaan yang diambil menggunakan metode purposive sampling Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Data Sekunder. Analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan analisis kuantitatif menggunakan teknik perhitungan statistic, yaitu analisis regresi melalui program pengolahan data SPSS. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t diketahui bahwa secara parsial leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dan kebijakan dividen tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji f diketahui bahwa secara simultan leverage, profitabilitas dan kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.

References

Aldi, M.F., Erlina, E. & Amalia, K. 2020. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap NILAI Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI Periode 2007-2018. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(1): 264–273.
Alifiani, R.A., Sutopo, S. & Noviandari, I. 2020. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei). EkoBis: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1): 1–7.
Bawamenewi, K. 2019. Pengaruh Profitabilitas , Leverage , Dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. 03(01): 27–40.
Ghozali, M., Azmi, M.U. & Nugroho, W. 2019. Perkembangan Bank Syariah Di Asia Tenggara: Sebuah Kajian Historis. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1): 44.
Irawan, D. & Kusuma, N. 2019. Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal AKTUAL, 17(1): 66.
Krisnandy, E.N. dan H. 2018. Jurnal Ilmu Manajemen Oikonomia. lIlmu Manajemen, 14(1): 15–30.
Lacrima, S.A. & L, A. 2010. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas. III(2): 739–747.
Marhaeningtyas, D. & Hartono, U. 2020. Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Pertambangan di Indonesia). Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3): 1060.
Nurul Laili Agustina, Mawar Ratih Kusumawardani & Taufik Akbar 2022. Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Aktivitas Dan Rasio Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Industri Otomotif Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2018-2019. GEMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2(4): 69–75.
Nurwahyuni, Mas’ud, M., Alam, S. & Djamareng, A. 2020. Pengaruh Profitability, Growth Opportunities Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Journal of Management Science (JMS), 1(1): 14–35.
Sinaga, A.N., Halim, C. & Sonia, S. 2021. Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 4(2): 410–418.
Sudarno 2022. Teori Penelitian Keuangan. CV Literasi Nusantara Abadi.
Sugiyono 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, C.A. dan A. 2021. Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, (Vol 10, No. 2, hal. 1–20).
Published
2025-02-21
How to Cite
Ramadhani, P., & Panglipursari, D. (2025). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN TOKO ONLINE SABLON DI GRESIK. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Sosial, 2(4), 160-171. Retrieved from https://jurnal.uwp.ac.id/FEB/index.php/jebs/article/view/527