Kepuasan Pelanggan MPM Motor Honda diukur melalui Kualitas Layanan, Harga, dan Fasilitas

  • Farryan Maharfian Universitas Wijaya Putra
  • Sujani Sujani Universitas Wijaya Putra
Keywords: Kualitas Layanan Service Motor, Harga, Fasilitas, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan service motor, harga dan fasilitas untuk kepuasan pelanggan dealer MPM motor Honda di Ngagel Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan untuk menguji pengaruh satu atau lebih variabel independen terhadap variabel dependen. Sasaran analisis dalam penelitian ini adalah pelanggan di bengkel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden melalui google form. Teknik sampling yang digunakan sampling Insidental dengan memberikan kuesioner kepada 61 pelanggan yang ditemui selama penelitian berlangsung. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan alat statistik SPSS. Hasil menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu kualitas layanan, harga dan fasilitas secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

References

Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Penelitian Ilmu Manajemen, 2(2), 62–72.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate denan Proram IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Undip.
Maydiana, L. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Jasa Cuci Motor Mandiri. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2), 444–450.
Pravitasari, F. E., & Khulud, husnul. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan KOnsumen Dealer Honda Daya Motor Tuban. JEK - Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan kreatif, 6(2), 1–11.
Rizal, A. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sigar, kerin jelita, Areros, W. A., & Sambul, S. A. P. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Service Motor (Studi Kasus Pada Nusantara Surya Sakti). Productivity, 2(7), 551–555.
Sofyan, C., Sepang, J. L., & Loindong, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Wht’s Up Cafe Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3), 4230–4240.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian.
Tjiptono, F. (2019a). Pemasaran Jasa Prinsip Penerapan Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2019b). Stategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. (A. Diana, Ed.). Yogyakarta: Andi.
Utari, W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Varian Obat Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Apotek Yakersuda Bangkalan. Neo-Bis, 8(1), 93–105.
Wibisono, H. B., & Achsa, A. (2021). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen dalam melakukan servis kendaraan. Image: Jurnal Riset Manajemen, 9(2), 92–100.
William, & Purba, T. (2020). Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda Di Kota Batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1), 1987–1996.
Published
2024-10-31
How to Cite
Maharfian, F., & Sujani, S. (2024). Kepuasan Pelanggan MPM Motor Honda diukur melalui Kualitas Layanan, Harga, dan Fasilitas. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Sosial, 2(3), 11-20. Retrieved from https://jurnal.uwp.ac.id/feb/index.php/jebs/article/view/462