Pengaruh Kualitas Produk, Word Of Mouth dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Joe Cafe Menganti Gresik

  • Farichatul Millah Universitas Wijaya Putra
  • Sujani Sujani Universitas Wijaya Putra
Keywords: Kualitas Produk, Word of Mouth, Lokasi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, word of mouth dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen di Joe Cafe Menganti Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data primer diperoleh dari 60 responden sebagai sampel yang dipilih berdasarkan metode accidental sampling. Data yang telah terkumpul dianalisis berdasarkan analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS 29. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji t bahwa secara parsial kualitas produk dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji F bahwa secara simultan kualitas produk, word of mouth dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Andrian., Putra C. I. W., Jumawan., & Nursal, M. F. (2022). Perilaku Konsumen. Rena Cipta Mandiri.
Ango, F. F., Tawas, H. N., & Mandagie, Y. (2023). Pengaruh Suasana Kafe, Kualitas Produk, Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Kafe Upcoffee Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(1), 1171-1177.
Aryandi, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(1), 117-127.
Cahyani, P. D., Utami, N., & Lestari, S. B. (2022). Pengaruh Word of Mouth, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 851-866.
Dosi, M. U., Fourqoniah, F., & Sanjaya, A. (2023). Pengaruh Harga, Produk, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kopi Borneo Di Kota Samarinda. Jurnal Istiqro, 9(2), 131-144.
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69-72.
Hadi, T., Fathorrahman, & Pradiani, T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Wom Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Restoran Mie Ayam Ny Wong, Jakarta. Bursa : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis , 2 (1), 61–69.
Hakim, M. A., & Suprihhadi, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Jokopi Cabang Dinoyo Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(9).
Halim, A., Djaelani, AK, & Suharto, MKAB (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Kafe Es Teh Indonesia Tlogomas Kota Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen , 12 (01).
Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.
Hardiansyah, F., Nuhung, M., & Rasulong, I. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Singapore Di Kota Makassar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(1).
Hasibuan, K. A., Nasution, S. L. A., & Halim, A. (2023). Pengaruh Harga, Word of Mouth dan Servicescape Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Café Ayos Coffe Rantauprapat. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(3), 2979-2989.
Kurniawan, F., & Sari, D. (2017). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kepercayaan terhadap proses keputusan pembelian konsumen perusahaan konveksi Inglorius Industries di Kota Bandung. eProceedings of Management, 4(1).
Tanjung, A. (2020). Pengaruh store atmosphere, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 5(03), 1-18.
Pristiawan, H. E., Mariah, M., & Bahasoan, S. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada bakso granat Malang Indah. Nobel Management Review, 3(1), 52-63.
Rabbani, D. B., Diwyarthi, N. D. M. S., Muliyati (2022). Komunikasi Pemasaran. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Rufial, R. (2024). Pengaruh Daya Tarik Pesaing Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Usaha UMKM Mie Ayam I Love You di Kabupaten Tangerang dengan Lokasi Usaha sebagai Variabel Intervening. Ikraith-Ekonomika, 7(1), 271-280.
Yehezkiel, E. W., Ellitan, L., & Erwita, M. A. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Surabaya Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 12(2), 98-108.
Published
2024-10-31
How to Cite
Millah, F., & Sujani, S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Word Of Mouth dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Joe Cafe Menganti Gresik. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Sosial, 2(3), 93-103. Retrieved from https://jurnal.uwp.ac.id/feb/index.php/jebs/article/view/470