https://jurnal.uwp.ac.id/feb/index.php/jebs/issue/feedJurnal Ekonomi, Bisnis dan Sosial2025-07-14T11:30:10SE Asia Daylight TimeMuhammad Ainul Firdaus, S.T.[email protected]Open Journal Systems<p>JEBS (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Sosial) diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan<br>Bisnis Universitas Wijaya Putra Surabaya. Terbit empat kali dalam satu tahun pada<br>bulan Januari, April, Juli, dan Oktober. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Sosial berfokus<br>pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek<br>penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang ilmu ekononomi, bisnis dan<br>sosial. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Sosial menerbitkan artikel di bidang ilmu ekonomi<br>yang memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu ekonomi, dan praktik ekonomi.<br>Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Sosial menerima artikel berbasis penelitian terutama yang<br>berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran,<br>manajemen keuangan, manajemen strategis, e-business, manajemen kewirausahaan,<br>akuntansi sektor publik, akuntansi biaya, akuntansi anggaran, sistem informasi<br>akuntansi, perpajakan, pengauditan, ilmu ekonomi, ekonomi pembangunan, ilmu<br>sosial dan disiplin ilmu terkait.</p>https://jurnal.uwp.ac.id/feb/index.php/jebs/article/view/567PENGARUH BRAND TRUST, WORD OF MOUTH, DAN QUALITY SERVICE TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI CUSTOMER SATISFACTION2025-07-08T09:52:23SE Asia Daylight TimeRulliana Putri Erwantu[email protected]Soenarmi Soenarmi[email protected]<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis Pengaruh <em>Brand Trust</em>, <em>Word Of Mouth</em> dan <em>Quality Service</em> Terhadap <em>Repurchase Intention</em> Melalui <em>Customer Satisfaction</em>. Metode pengambilan sampel menggunakan <em>Purposive Sampling</em>. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 Responden pelanggan dari aplikasi Shopee. Pendekatan dari penelitian ini adalah metode pendekatan Kuantitatif. Teknik analisa data penelitian ini menggunakan metode <em>Partial Least Square</em> (PLS) dengan program aplikasi <em>SmartPLS</em> 4.1.0.4 yang meliputi dari proses Perancangan Model Struktur <em>Outer Model</em>, Model Struktur <em>Inner Model</em> dan pengujian Hipotesis (<em>Resampling Bootstrapping</em>). Penelitian ini menunjukkan Variabel <em>Brand Trust,</em> <em>Word Of Mouth</em> dan <em>Customer Satisfaction</em> berpengaruh dan signifikan terhadap <em>Repurchase Intention</em>. Variabel <em>Brand Trust, Word Of Mouth</em> dan <em>Repurchase Intention</em> berpengaruh dan signifikan terhadap <em>Customer Satisfaction</em>. Karena nilai <em>t-statistics</em> (>1,96) dan <em>p-value</em> (<0,05), kecuali <em>Quality Service</em> tidak berpengaruh signifikan terhadap <em>Customer Satisfaction</em> dan <em>Repurchase Intention</em>.</p>2025-07-08T09:36:48SE Asia Daylight Time##submission.copyrightStatement##https://jurnal.uwp.ac.id/feb/index.php/jebs/article/view/568PENGARUH ETIKA PROFESI PERPAJAKAN, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERKARIR MAHASISWA PADA BIDANG PERPAJAKAN2025-07-08T09:52:25SE Asia Daylight TimeSekar Sari Jauh Harum Mukharom[email protected]Rodhiyah Rodhiyah[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji serta menganalisis pengaruh etika profesi perpajakan, pengetahuan perpajakan dan motivasi terhadap minat berkarir mahasiswa di bidang perpajakan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif semester 4, 6 dan 8 Universitas Wijaya Putra dengan jumlah total 178 mahasiswa. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik <em>Proportionate Stratified Random Sampling. </em>Jumlah sample terdiri dari 65 orang mahasiswa, jumlah tersebut merupakan hasil dari perhitungan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data yang dikumpulkan melalui kuesioner pada <em>google form</em> yang dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian pada uji <em>f</em> (simultan) menunjukkan bahwa etika profesi perpajakan, pengetahuan perpajakan, dan motivasi secara signifikan mempengaruhi minat berkarir mahasiswa. Pengetahuan perpajakan memiliki pengaruh yang lebih dominan, diikuti oleh motivasi dan etika profesi.</p>2025-07-08T00:00:00SE Asia Daylight Time##submission.copyrightStatement##https://jurnal.uwp.ac.id/feb/index.php/jebs/article/view/584PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, INFLASI DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN2025-07-08T09:52:26SE Asia Daylight TimeSumiana Umbu Lado[email protected]Desy Ismah Anggraini[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi, inflasi dan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan sektor makanan dan minuman tahun 2019-2022. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Nilai Perusahaan dan variabel independen dalam penelitian ini adalah Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi dan Kinerja Keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 16 dari 30 perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022 dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik dengan alat bantu SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diketahui bahwa secara parsial pertumbuhan ekonomi (PDB) dan inflasi (INF) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, kinerja keuangan (ROE) secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan.</p>2025-07-08T09:42:57SE Asia Daylight Time##submission.copyrightStatement##https://jurnal.uwp.ac.id/feb/index.php/jebs/article/view/586PENGARUH KERJASAMA, TIM DISIPLIN KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA, TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. GRAFIKA PRIMA SEJAHTERA2025-07-08T09:52:28SE Asia Daylight TimeSiska Juliya Indiyanti[email protected]Rudiatno Rudiatno[email protected]<p>Pengaruh Kerjasama Tim, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Grafika Prima Sejatera. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Kerjasama Tim, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Unit analisis dalam penelitian ini adalah karyawan PT Grafika Prima Sejatera sebanyak 107 orang. Sampel yang digunakan adalah seluruh jumlah populasi yaitu sebanyak 107 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik dengan alat bantu SPSS. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diketahui bahwa secara parsial kerjasama tim, disiplin kerja dan lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji F diketahui bahwa secara simultan kerjasama tim, disiplin kerja dan lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.</p>2025-07-08T09:48:07SE Asia Daylight Time##submission.copyrightStatement##https://jurnal.uwp.ac.id/feb/index.php/jebs/article/view/585PENGARUH MOTIVASI, KOMUNIKASI DAN STRES KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT SWADAYA GRAHA GRESIK2025-07-08T09:52:28SE Asia Daylight TimeSindi Auliya[email protected]Yanuar Fauzuddin[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi, komunikasi, dan stres kerja terhadap kepuasan kerja karyawan di PT. Swadaya Graha Gresik. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi penelitian adalah karyawan divisi Operation and Maintenance PT. Swadaya Graha Gresik, dengan sampel sebanyak 54 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan komunikasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, sementara stres kerja tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, variabel motivasi, komunikasi, dan stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya peran motivasi dan komunikasi dalam meningkatkan kepuasan kerja, serta perlunya manajemen yang efektif dalam menangani stres kerja karyawan.</p>2025-07-08T09:49:04SE Asia Daylight Time##submission.copyrightStatement##https://jurnal.uwp.ac.id/feb/index.php/jebs/article/view/590PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN TRANSFER PRICING TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN MAKANAN2025-07-14T11:30:10SE Asia Daylight TimeValent Sindyana[email protected]Karlin Karlin[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Manajemen Laba dan <em>Transfer Pricing</em> Terhadap Penghindaran Pajak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 39 perusahaan sebagai sampel penelitian dengan populasi 34 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam periode 3 tahun. Analisis data yakni dengan menggunakan statistik dengan alat bantu Eviews versi 10. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diketahui bahwa secara parsial manajemen laba dan <em>Transfer Pricing</em> tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Sedangkan berdasarkan uji F diketahui bahwa secara simultan manajemen laba dan <em>Transfer Pricing</em> tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak.</p>2025-07-14T11:30:09SE Asia Daylight Time##submission.copyrightStatement##