KUALITAS PELAYANAN E-GOVERNMENT (PENERBITAN SURAT REKOMENDASI PEMBELIAN BBM BERSUBSIDI) DI UPTD TPI KOTA PROBOLINGGO
Abstract
Pemerintah mempunyai perananan penting untuk menyediakan pelayanan publik sesuai dengan yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang. Penyelenggara Pelayanan Publik. Kualitas Pelayanan Publik yang prima telah menjadi tuntutan oleh masyarakat dan kewajiban bagi setiap intansi yang memberikan layanan untuk memenuhinya. Electronic Government (E-Government) adalah mekanisme interaksi anatara pemerintah dengan masyarakat melalui sistem informasi berbasis internet dan teknologi digital lainnya dengan tujuan memperbaiki mutu dan kualitas pelayanan publik yang efisien, transparan dan efektif. BBM merupakan komponen penting dalam suatu operai penangkapan ikan. Pemerintah membuat suatu kebijakan pada usaha perikanan agar nelayan dapat membeli BBM sesuai kebutuhannya dengan harga lebih murah sehingga produktivitas dan pendapatannya meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan dan kualitas pelayanan Penerbitan Rekomendasi BBM bersubsidi bagi nelayan di UPTD TPI Kota Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan 4 variabel yaitu efficiency, trust, reliability, citizen support. Sampel penelitian ini sebanyak 35 orang pemilik/pengurus kapal. Data yang digunakan yaitu data primer yang berasal dari kuisioner, sedangkan data sekunder yaitu dokumen, foto serta penelitian terdahulu.
Berdasarkan hasil penelitian pada 4 variabel penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan e-Government pada UPTD TPI dalam Penerbitan Surat Rekomendasi BBM bagi nelayan ini telah berjalan sesuai harapan pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan e-Government diperlukan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan.