ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ANGGOTA KOPERASI SANGOSAY (Studi Kasus Di Desa Tengku Lese Cabang Ruteng Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dari koperasi sangosay
Cabang Ruteng Nusa Tenggara Timur,penelitian ini dilakukan di koperai Sangosay Cabang
Ruteng yang beralamat di Jl. Ahmad yani, Kelurahan Pitak,Kecamatan Langke Rembong
Kabupaten Manggarai,Nusa Tenggara Timur.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.jumlah
informan dari penelitian ini adalah 7 orang yang terdiri dari 4 orang pegawai koperasi,3 orang
anggota koperasi.
Hasil penelitian bahwa Koperasi Sangosay Cabang Ruteng Nusa Tenggara Timur memiliki
peran pentig dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas anggota koperasi.Hal ini terbukti
bahwa fasilitas yang di sediakan sudah memenuhi standar operasional prosedur dan dan
peralatan yang di berikan sudah memadai dan dapat memenuhi kebutuhan yang cepat dan
tepat,juga komnikasi yang baik dari pegawai bisa di respon dengan baik oleh anggota koperasi
yang di berikan sudah bahkan pelayanan yang di berikan sudah maksimal namun masih sedikit
kendala yaitu mengalami penrunan jumlah anggota, hal ini karena keterlambatan pembayaran
hal ini terjadi karena tidak memenuhi kewajiban sebagai anggota.