FEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK SMART DIGITAL LAYANAN METEOR DI KOTA PROBOLINGGO
Abstract
Modernisasi membuat perubahan menyeluruh dari cara hidup yang tradisional atau pramodern. Konsep digitalisasi mencakup perubahan menyeluruh dari kehidupan masyarakat tradisonal dari segi teknologi dan organisasi sosial ke model ekonomi dan politik. Perkembangan ini menuntut penggunaan teknologi dalam berbagai aspek, dengan menciptakan inovasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan publik. Pemerintah Kota probolinggo telah mengambil langkah inovatif dengan meluncurkan layanan “Meteor” guna menanggapi kasus kegawatdaruratan melalui call center 112 di wilayah Kota Probolinggo. Layanan Meteor dari Pemerintah Probolinggo ini diluncurkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo pada 19 Maret 2023 yang lokasi pusat informasinya berada di Kantor Wali Kota Probolinggo dengan sebutan Command Center dan berkembang dengan membuat Gedung Meteor sebagai sarana terintegrasinya call center 112 Layanan Kegawat daruratan di Kota Probolinggo yang bersinergi dengan Kepolisian Resort Probolinggo Kota, Komando Distrik Militer 0820 Probolinggo dan instansi terkait lainnya. Layanan Meteor ini ditujukan untuk mewujudkan peningkatan pelayanan menjadi pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas layanan publik di Kota Probolinggo.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Efektivitas Pelayanan Publik Smart Digital Layanan Meteor di Kota Probolinggo dan mengetahui faktor yang mempengaruhi keberhasilan Pelayanan Publik Smart Digital Layanan Meteor di Kota Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan melakukan observasi dan wawancara pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Probolinggo, Kelurahan Kademangan, Warga Kademangan dan Media dan Menggunakan teori efektivitas dari Gibson dan Steers yang menekankan dengan 5 Kriteria yaitu Produksi/Produktivitas, Mutu atau Kualitas, Efisien, Fleksibelitas, dan Kepuasan.
Hasil analasis data kualitatif yang telah dikumpulkan melalui teori efektivitas dari Gibson dan Steers bahwa Pelayanan Publik Smart Digital Layanan Meteor di Kota Probolinggo telah berjalan efektif dan efisien. Kecepatan dalam Pelayanan kepada masyarakat disimpulkan sudah cukup baik, dan kemudahan penggunaan call center 112 berjalan cukup baik. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan Pelayanan Publik Smart Digital Layanan Meteor di Kota Probolinggo yaitu tersedianya sarana dan prasarana khususnya 5 M yaitu (Man, Method, Machine, Money, Material) dan Kebijakan dari pimpinan yang membuat semua instansi memiliki wewenang untuk menjalankan layanan dalam mengatasi keadaan kegawat daruratan yang ada di masyarakat. Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan efektivitas dari Layanan Meteor ini maka Perlu adanya peningkatan teknologi terutama melakukan upgrade jaringan, sehingga tidak ada lagi masyarakat Kota probolinggo yang akan melakukan panggilan kepada call center 112 Kota Probolinggo malah terhubung ke call center 112 Kabupaten Probolinggo dan menambah sarana prasarana kamera CCTV disejumlah lokasi di Kota Probolinggo agar dapat memantau dan mencegah adanya tindak kejahatan serta mengantisipasi keterlambatan penanganan atas suatu keadaan kegawat daruratan.