MARKETING STRATEGY OF ORANGE SEEDLINGS (Case Study, In Karangandong Village, Driyorejo District, Gresik Regency)

  • susana natrin universitas wijaya putra
  • Heri Susanto Wijaya Putra University
Keywords: strategy, marketing, orange seeds

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman  yang mempengaruhi pemasaran bibit jeruk di Desa Karangadong, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, dengan untuk mengetahui strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan pada bibit jeruk di  Desa Karangadong, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten gresik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana data diperoleh dengan melakukan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan bibit jeruk di Desa Karangandong, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik berupa bauran pemasaran  (product, price, place, promotion), Tersebut berdampak dalam meningkatkan pemasaran bibit jeruk. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara unsur-unsur bauran pemasaran (harga, produk, tempat dan promosi) dengan strategi pemasaran bibit jeruk. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk memanfaatkan peluang dengan jummlah skor 0,40 dan memaksimalkan kekuatan dengan Skor 0,55 , mengurangi kelemahan dengan Skor 1,45 serta menghindari ancaman dengan Skor 0,01.

Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Bibit Jeruk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SUSANA NATRIN. Marketing Strategy of Orange Seeds in the Village

Karangandong, Driyorejo District, Gresik Regency

 

ABSTRACT

Abstract This study aims to know. weaknesses, strengths, opportunities and threats that affect the marketing of orange seeds in Karangadong Village, Driyorejo District, Gresik Regency, by knowing the appropriate marketing strategies to be applied to orange seedlings in Karangadong Village, Driyorejo District, Gresik Regency. This study used qualitative methods where data were obtained by observation, questionnaires and documentation. The results showed that the marketing strategy applied by orange seeds in Karangandong Village, Driyorejo District, Gresik Regency in the form of a marketing mix (product, price, place, promotion), had an impact on increasing the marketing of orange seeds. The results also showed that there is a strong relationship between the elements of the marketing mix (price, product, place and promotion) with the marketing strategy of orange seeds. This study uses SWOT analysis to take advantage of opportunities with a score of 0.40 and maximize strength with a score of 0.55, reduce weaknesses with a score of 1.45 and avoid threats with a score of 0.01.

Keywords: strategy, marketing, orange seeds.

Published
2025-04-22