Forecasting Produk Houseware Berbahan Plastik Yang Terjual Pada PT XYZ Menggunakan Metode Trend Moment

  • Rikki Wahyu Saputra Universitas Wijaya Putra
  • Nurwahyudi Widhiyanta Universitas Wijaya Putra
Keywords: Metode Trend Moment, Forecasting, Mse, Mad, Mape

Abstract

Forecasting penjualan produk houseware merupakan langkah krusial dalam perencanaan bisnis dan pengambilan keputusan strategis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model peramalan yang dapat memprediksi penjualan produk peralatan rumah tangga dengan menggunakan metode pendekatan trend moment.

PT xyz terletak di kota Surabaya pada saat ini perusahaan sering kali kekurangan dan stok barang untuk penjualan dikarenakan tren pasar yang tidak menentu terkadang permintaan jumlah barang sangat tinggi dan terkadang juga rendah.PT xyz berharap supaya dibuatkan sebuah sistem forecasting yang dapat meramalkan jumlah produk penjualan yang terjual dalam setiap bulan atau tahun nya yang dapat di simpan secara otomatis kedalam sebuah database

Metode ini memanfaatkan kombinasi dari tren historis penjualan dan momentum saat ini untuk menghasilkan perkiraan yang lebih akurat. Data historis penjualan dan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi penjualan akan digunakan sebagai input dalam pengembangan model. Pengujian dan validasi model akan dilakukan menggunakan teknik statistik yang relevan. c hasilv darib penelitianvini dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan ketepatan peramalan penjualan produk houseware dikarenakan tingkat akurasi Mse,Mad dan Mape kesalahan error sangat relative kecil sehingga dapat di pastikan metode ini sangat cocok untuk penjualan houseware.

References

A. Amrullah, E. Affandi, W. Riansyah, and S. Sobirin, “Peramalan Penjualan Bulanan menggunakan metode Trend Moment pada Toko Suamzu Boutique,” J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 19, no. 2, p. 46, 2020, doi: 10.53513/jis.v19i2.2423.

D. Wahyu et al., “SISTEM INFORMASI PERAMALAN (FORECASTING) PENJUALAN MOTOR HONDA MENGGUNAKAN METODE TREND MOMENT PADA DEALER HONDA KARTIKA SARI CELAKET BERBASIS WEB Elok Nur Hamdana Ravid Ardiansyah Nanda Ilhami,” pp. 377–381, 2021.

D. Candra and R. Utami, “Jurnal IEED (Informatics Engineering and Electronic Data) PREDIKSI DATA PENJUALAN OBAT PADA APOTIK MENGGUNAKAN METODE TREND MOMENT,” J. IEED, vol. 1, no. 1, pp. 2963–6310, 2022.

K. Heriansa and E. Supratman, “Sistem Informasi Prediksi Penjualan Pada Depot Prisma Utama Menggunakan Metode Trend Moment,” Bina Darma Conf. Comput. Sci., pp. 89–97, 2019.

Published
2025-04-29
Section
Articles