Forecasting Produk Houseware Berbahan Plastik Yang Terjual Pada PT XYZ Menggunakan Metode Trend Moment
Abstract
Forecasting penjualan produk houseware merupakan langkah krusial dalam perencanaan bisnis dan pengambilan keputusan strategis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model peramalan yang dapat memprediksi penjualan produk peralatan rumah tangga dengan menggunakan metode pendekatan trend moment.
PT xyz terletak di kota Surabaya pada saat ini perusahaan sering kali kekurangan dan stok barang untuk penjualan dikarenakan tren pasar yang tidak menentu terkadang permintaan jumlah barang sangat tinggi dan terkadang juga rendah.PT xyz berharap supaya dibuatkan sebuah sistem forecasting yang dapat meramalkan jumlah produk penjualan yang terjual dalam setiap bulan atau tahun nya yang dapat di simpan secara otomatis kedalam sebuah database
Metode ini memanfaatkan kombinasi dari tren historis penjualan dan momentum saat ini untuk menghasilkan perkiraan yang lebih akurat. Data historis penjualan dan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi penjualan akan digunakan sebagai input dalam pengembangan model. Pengujian dan validasi model akan dilakukan menggunakan teknik statistik yang relevan. c hasilv darib penelitianvini dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan ketepatan peramalan penjualan produk houseware dikarenakan tingkat akurasi Mse,Mad dan Mape kesalahan error sangat relative kecil sehingga dapat di pastikan metode ini sangat cocok untuk penjualan houseware.
References
A. Amrullah, E. Affandi, W. Riansyah, and S. Sobirin, “Peramalan Penjualan Bulanan menggunakan metode Trend Moment pada Toko Suamzu Boutique,” J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 19, no. 2, p. 46, 2020, doi: 10.53513/jis.v19i2.2423.
D. Wahyu et al., “SISTEM INFORMASI PERAMALAN (FORECASTING) PENJUALAN MOTOR HONDA MENGGUNAKAN METODE TREND MOMENT PADA DEALER HONDA KARTIKA SARI CELAKET BERBASIS WEB Elok Nur Hamdana Ravid Ardiansyah Nanda Ilhami,” pp. 377–381, 2021.
D. Candra and R. Utami, “Jurnal IEED (Informatics Engineering and Electronic Data) PREDIKSI DATA PENJUALAN OBAT PADA APOTIK MENGGUNAKAN METODE TREND MOMENT,” J. IEED, vol. 1, no. 1, pp. 2963–6310, 2022.
K. Heriansa and E. Supratman, “Sistem Informasi Prediksi Penjualan Pada Depot Prisma Utama Menggunakan Metode Trend Moment,” Bina Darma Conf. Comput. Sci., pp. 89–97, 2019.
Copyright (c) 2025 Rikki Wahyu Saputra, Nurwahyudi Widhiyanta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 JISTI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright aims to protect the specific way the article has been written to describe an experiment and the results. JISTI is committed to its authors protecting and defending their work and their reputation and takes allegations of infringement, plagiarism, ethical disputes, and fraud very seriously. JISTI is published under the terms of Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). Authors retain the copyright and grant the journal right of first publication (online) with the work simultaneously. We use the restrictive license (non-commercial) as follows:
- BY (attribution): Users are allowed to share, distribute and redistribute the published article in any medium or format, with an identification of the authors and its initial publication in this journal. Authors are encouraged to post and distribute their articles immediately after publication (e.g., institutional or public repositories, personal websites). Authors are allowed to enter into additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published and an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- NC (non-commercial): Users are not allowed to use the article commercially without the permission of the authors. Authors agree explicitly that the published article is indexed worldwide in databases, repositories and indexation services, even if these services operate on a commercial basis. Authors grant JISTI explicitly the right to include the published articles in databases, repositories and indexation services. You can see examples of personal and commercial use on this link.