PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PROFESIONALISME GURU DAN KINERJA GURU SMP NEGERI 1 GONDANG BOJONEGORO

  • Purbawati Handayani
  • Indra Prasetyo
  • Ruddy Wiroko

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah, lingkungan
kerja dan profesionalisme guru secara parsial dan secara simultan berpengaruh langsung
signifikan terhadap kinerja guru di SMPN 1 Gondang, Bojonegoro. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri 1 Gondang yang berjumlah 31 orang.
Sampel pada penelitian ini menggunakan sensus sampling yang dikurangi dengan
pimpinan, seluruh populasi dijadikan sebagai sampel sebanyak 30 orang. Pengolahan data
dilakukan menggunakan analisis jalur (path analysis). Metode path analysis merupakan
perluasan regresi linier berganda yang digunakan untuk menaksir hubungan kausalitas
antara variabel dalam model penelitian yang dibangun berdasarkan landasan teori yang
kuat. Hasil analisis data menunjukkan supervisi akademik kepala sekolah, lingkungan kerja
dan profesionalisme guru baik secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja
guru SMP Negeri 1 Gondang. Supervisi akademik kepala sekolah, lingkungan kerja dan
profesionalisme guru secara simultan pengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMP
Negeri 1 Gondang. Diantara supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja tidak
ada yang pengaruh dominan terhadap kinerja guru melalui profesionalisme guru.

Kata kunci: supervisi kepala sekolah, lingkungan kerja, profesionalisme guru, kinerja guru

Diterbitkan
2018-10-29