ANALISIS INOVASI ROTI 7 LAPIS (RESPONSE TIME 7 MENIT LAYANAN PEMADAMAN KEBAKARAN GRATIS) DI KOTA SURABAYA DALAM PERSPEKTIF NEW PUBLIC SERVICE

  • Aulia Regita Dewi Fitriana Universitas Airlangga, Surabaya
Kata Kunci: pelayanan publik, new public service

Abstrak

Inovasi "Roti 7 Lapis" oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Surabaya bertujuan mempercepat respons pemadaman kebakaran dengan target waktu 7 menit, tanpa biaya, guna mengurangi kerugian materi dan korban jiwa. Program ini tidak hanya berfokus pada efisiensi, tetapi juga membangun keterlibatan masyarakat dalam pencegahan kebakaran, sejalan dengan prinsip New Public Service (NPS) yang menekankan inklusivitas, keadilan, dan kolaborasi. "Roti 7 Lapis" mengelola risiko kebakaran secara holistik melalui kolaborasi lintas sektor dan teknologi terbaru. Implementasinya didukung oleh regulasi ketat serta sistem pelaporan transparan yang memastikan akuntabilitas dan efektivitas layanan. Rekomendasi pengembangan meliputi peningkatan partisipasi masyarakat, memperkuat transparansi, dan mengintegrasikan inovasi teknologi lebih lanjut. Dalam konteks urbanisasi yang berkembang, langkah-langkah ini bertujuan untuk meningkatkan keberlanjutan dan efektivitas program dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan warga Surabaya.

Diterbitkan
2024-10-16