PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TOKO NORDTIME 39 KINIBALU

  • Eka Trisnawati Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Subijanto Subijanto Universitas Wijaya Putra Surabaya
Keywords: Customer Satisfaction, Quality, Quality Service, Customer Value

Abstract

Analysis of the Effect of Product Quality, Quality Service and Customer Value to This study aims to examine and analyze the influence of quality Products, service quality and customer value to customer satisfaction. Sampling techniques used in this study probability techniques sampling and samples used as many as 100 respondents. Data analysis is done by using statistical tools SPSS version 26. Based on the results of data analysis using known t test that product quality has a positive and significant effect on satisfaction customers, the quality of Service has a positive effect but does not affect significant to customer satisfaction and positive influence customer value and significant to customer satisfaction. Product quality, service quality and customer value simultaneously affects customer satisfaction.

References

Aeni, N. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Transportasi Online Grab (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 94-100.

Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21-30.

Agustian, I., Saputra, H. E., & Imanda, A. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di PT. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(1).

Agustina, A., Ellyawati, N., & Rahayu, V. P. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Buku Gramedia Bigmall Samarinda. In Educational Studies: Conference Series (Vol. 1, No. 2).

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data.

Astuti, N. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hand Sanitizer Nature Leaf Pada Remaja Di Surakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, 4(1), 20- 31.

Darna, N., & Herlina, E. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(1), 287-292.

Elaman, D. O., & Agustin, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kedai Sipulung Di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 8(5).

Fandy Tjiptono, Ph. D dan Gregorius Chandra. (2016). Service Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi offset.

Hidayat, R. 2017. Aplikasi Penjualan Jam Tangan Secara Online Studi Kasus: Toko Jamboreshop. Jurnal Teknik Komputer Amik BSI, 3(2), 90-96.

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal On Software Engineering (IJSE), 5(1), 19-28.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan: Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2018) . Manajemen Pemasaran. PT Indeks.

______________________________. (2017) Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip. & Gary Amstrong. (2016) . Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip. & Lane Kevin. (2016) . Manajemen Pemasaran: Edisi Ketiga Belas, Jilid 1 Jakarta : Erlangga.

Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604-630.

Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115-129.

Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).

Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), 134-146.

Ningrum, Y. P., & Maskan, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen Go-Jek (Studi Kasus Pada Konsumen Go-Jek Pengguna Layanan Go- Ride Di Kota Malang). Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 309-312.

Nurhalimah, S. (2021). Pengaruh Kebijakan Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Pada Indogrosir Ciputat. Humanis (Humanities, Management And Science Proceedings), 1(2).

Nurhayati, A., & Nurhalimah, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 1-5.

Nurmanto, A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Ud Layur Sakti Pantai Baron Gunungkidul). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(2), 94-106.

Oktavianti, S. (2018). Analisis Tingkat Kualitas Produk Dan Tingkat Pelayanan Kentucky Fried Chicken (Kfc) Cabang Palembang Trade Centre. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 16(4), 203-211.

Prasetyawan, C. (2021). Pengaruh Experiential Marketing, Kualitas Pelayanan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Pelanggan Goodboy Barbershop Ponorogo) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Razak, I., Nirwanto, N., & Triatmanto, B. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 1-14.

Rofiah, C., & Wahyuni, D. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1).

Roselina, M. A., & Niati, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Elsa Hijab Semarang. Solusi, 17(3).

Santosa, S., & Luthfiyyah, P. P. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Gamefield Hongkong Limited. Pro Mark, 10(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

________. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

________. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

________. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D , Bandung: CV Alfabeta.

Sumarsid, S., & Paryanti, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1)

Tjiptono, Fandy. & Gregorius Chandra. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Published
2023-05-26
How to Cite
Trisnawati, E., & Subijanto, S. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TOKO NORDTIME 39 KINIBALU. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Sosial, 1(1), 23-34. Retrieved from http://jurnal.uwp.ac.id/FEB/index.php/jebs/article/view/180