Pengaruh Kualitas Produk Jasa, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Lestary Laundry 3 Manukan Kota Surabaya

  • Fauzi Alhussaini Universitas Wijaya Putra
  • Hendrik Rizqiawan Universitas Wijaya Putra
Keywords: kualitas produk jasa, harga, promosi, kepuasan konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Produk Jasa, Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen. Sampel pada penelitian ini adalah para konsumen yang berusia minimal 17 tahun dan pernah menggunakan jasa Lestary Laundry 3 Manukan Kota Surabaya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling berupa purposive sampling dengan jumlah responden sebanhyak 51 orang. Penggalian data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, tanggapan dari responden dianalisis menggunakan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 21. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan secara parsial (uji-t) dan secara simultan (uji-F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk Jasa, Harga, dan Promosi secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Lestary Laundry 3 Manukan Kota Surabaya.

References

Efendi, A., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Cuci Mobil Salem. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(2), 45-56.
Diza, F., Efendi, R., & Widyastuti, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen di PT. FIF GROUP Cabang Manado. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(1), 112-123.
Heizer, J., & Render, B. (2020). Operations Management. Edisi 12. London: Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. (2018). Marketing Management. Edisi 15. London: Pearson.
Lenzun, J. J., Massie, D. D., & Adare, D. (2014). Pengaruh Promosi terhadap Kepuasan Konsumen Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, 5(3), 56-68.
Maramis, R. E., Karamoy, J. M. A., & Tumbel, M. A. (2018). Pengaruh Harga terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Air Manado. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 78-89.
Marpaung, B., & Mekaniwati, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen Alat Mesin Pengolah Kopi di PT. Karya Mitra Usaha. Jurnal Pemasaran Indonesia, 11(1), 23-34.
Mulyani, L., & Haryanti, T. (2020). Pengaruh Promosi terhadap Kepuasan Konsumen di Toko Elektronik Surya Jaya. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 15(3), 102-115.
Polla, A. H., et al. (2018). Pengaruh Harga terhadap Kepuasan Konsumen Produk Fashion. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 14(2), 67-80.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi 3. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W., & Ramadhani, A. F. (2023). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Published
2024-08-02
How to Cite
Alhussaini, F., & Rizqiawan, H. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Jasa, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Lestary Laundry 3 Manukan Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Sosial, 2(2), 11-19. Retrieved from http://jurnal.uwp.ac.id/FEB/index.php/jebs/article/view/433