Efektifitas Perwali Probolinggo Nomor 107 Tahun 2021 Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik Berbasis Online Di Kelurahan Triwung Lor Kota Probolinggo

Vol 13 No 2 (2023): Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik

  • Iwan Cahyono Universitas Wijaya Putra
  • Mohammad Natsir Universitas Wijaya Putra
Keywords: Pelayanan Publik online, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Digital

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguraikan mengenai keefektifan dari penerapan Perwali Probolinggo Nomor 107 Tahun 2021 dalam rangka peningkatan pelayanan publik berbasis online. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif secara deskriptif. Fokus penelitian mengacu pada penerapan Perwali Probolinggo Nomor 107 Tahun 2021 dalam rangka peningkatan pelayanan publik berbasis online di Kelurahan Triwung Lor Kota Probolinggo. Teori yang digunakan dalam penelitian yaitu Konsep layanan publik digital mengarah kepada prinsip efektis dan efisien (Cabrilo et al., 2014). Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Dalam teknik pengumpulan data pada saat penelitian dilakukan dengan cara melakukan observasi pada instansi terkait, setelah itu dilakukan wawancara mendalam mengenai penelitian serta adanya dokumentasi sebagai akhir penelitian. Dalam penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa hasil dari penelitian penerapan Perwali Probolinggo Nomor 107 Tahun 2021 telah berhasil diterapkan atau telah efektif sehingga dapat membantu permasalahan dalam mengurangi terjadinya deskriminasi dan ketidakpastian mengenai waktu pelayanan yang di butuhkan oleh pemohon. Faktor pendukung dalam penelitian ini terdiri dari hakikat kerja sama yang merupakan semua pihak dikatakan assembling produktif dan ketersediaan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan, komitmen untuk mengelola pelaksanaannya. Sementara faktor penghambat terdiri dari faktor internal terkait dengan hambatan yang sering terjadi didalam instansi dan faktor eksternal adalah sebuah hambatan yang berasal dari luar instansi.

Published
2023-08-02