PENERAPAN METODE GOLDEN CIRCLE UNTUK MENGATASI PERILAKU PERUNDUNGAN SISWA
Abstract
Terdapat perilaku perundungan siswa dan cara mengatasi perundungan di MI Al-Ittihad Jogoroto Jombang menggunakan metode Golden Circle. Metode ini sangat efektif digunakan untuk mengatasi perilaku perundungan di sekolah. Adapun fokus dalam penelitian ini yakni; Proses penanganan perundungan menggunakan metode Golden Circle, Faktor-faktor yang mendukung atau menghambat metode Golden Circle untuk mengatasi perilaku perundungan siswa di MI Al-Ittihad Jogoroto Jombang. Tujuan penelitian mengetahui proses penanganan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan mendukung atau menghambat dari metode Golden Circle di MI Al-Ittihad Jogoroto Jombang. Riset ini memakai pendekatan riset kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data memakai reduksi data, penyajian data, penarikan data kesimpulan serta verifikasi. Metode pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil riset Penerapan Metode Golden Circle Untuk Mengatasi Perilaku Perundungan Siswa di MI Al-Ittihad Jogoroto Jombang ialah; proses penanganan perundungan menggunakan metode Golden Circle, metode ini mempunyai tiga konsep yaitu mengapa, bagaimana dan apa. Adapun faktor mendukung penerapan metode Golden Circle pembiasaan membaca do’a, Pancasila dan surat-surat pendek, diskusi guru per bulan, serta Program Ramah Anak. Sedangkan faktor yang menghambatnya adalah teknologi yang semakin canggih, lingkungan yang kurang baik, orang tua yang kurang mendukung dan diri sendiri yang menutup diri.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author sends the manuscript with the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article belongs to the author and retains publishing rights without restriction.
Copyright includes the non-exclusive right to reproduce and submit articles in all forms and media, including reprints, photographs, microfilm, and other similar reproductions, as well as translations. Reproduction of any part of this journal, its storage in the database, and its transmission by all forms of media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopying, recording, magnetic media, etc.